Teknik Kalibrasi Ultrasonic Thicness Gauge – Ultrasonic Thickness Gauge ialah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengukur ketebalan suatu benda. Hal ini menyangkut kemudahan bagi  penggunaan dalam menampilkan pengukuran langsung. Fungi alat tersebut mengukur hanya ketebalan lapisannya saja sehingga data yang tampil hanya informasi ketebalan lapisan. Beberapa metode penggunaan pengukuran ketebalan dalam aplikasinya terdapat beberapa catera diantaranya yaitu, dengan alat ukur portable yang hanya meletakan perangkatnya ke media ukur maka data yang diinginkan dapat tampil, namun ada juga yang menggunakan dengan alat pendeteksi suara atau ultrasonic. Manfaat Ultrasonic Thickness Gauge: Ada beberapa Industri membutuhkan Ultrasonisc Thickness untuk mengukur ketebalan, baik lapisan maupun ketebalan material. Sebagai Contoh Pengujian ketebalan, Pengujian Ultrasonic membawa manfaat yang berbeda untuk industri kayu. Furniture, lantai, dan produsen alat musik sering menerapkan beberapa lapis pernis atau bahan finishing serupa. Beberapa proses memerlukan kemampuan untuk mengidentifikasi ketebalan lapisan individu atau serangkaian lapisan. Bila diterapkan pada ketebalan yang salah, lapisan coating yang mempercantik dan melindungi gitar berkualitas tinggi, misalnya, dengan mudah dapat mengurangi dari suaranya.

1. Perinsip pengukuran alat ukur ketebalan

Alat  pengukur ketebalan ultrasonic digital menentukan ketebalan bagian atau struktur secara akurat menghitung waktu yang dibutuhkan oleh ultrasonik kecil yang dihasilkan oleh transduser (penyelidikan) untuk melewati ketebalan material, tercermin dari permukaan yang berlawanan dan kembali ke transduser. Waktu yang dibutuhkan oleh dorongan untuk melewati materi dan kembali dibagi dua dan dikalikan dengan kecepatan USG dalam bahan tertentu.

2. Cara kalibrasi ultrasonic thickness gauge .

Kalibrasi dengan menggunakan block standar (ketebalan material di ketahui)

  1. Tempelkan Probe pada blok kalibrasi, tunggu hingga hasil pengukuran stabil.
  2. Setelah stabil tekan tombol (menu) hingga masuk ke menu (cal)
  3. Dengan menggunakan tombol atas/bawah masuk ke sub menu Mate 1PT lalu tekan (ok) maka display akan menampilkan nilai yang bisa di edit.
  4. Ubah nilai dengan menggunakan tombol kiri/kanan untuk mengarahkan nilai mana yang akan diubah dan tombol atas/bawah untuk merubah nilai sesuai dengan nilai dari standar blok.
  5. Lalu tekan ok bila sudah sesuai dengan nilai std. Blok, maka alat siap untuk dipakai.

*dikutip dari berbagai sumber

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *