BMD Laboratory saat ini sudah mengembangkan 3 skope bidang yang telah terbukti banyak membantu laboratorium di Indonesia. Bidang tersebut adalah:

1. JASA LABORATORIUM KALIBRASI

Jasa laboratorium kalibrasi yang kami sediakan sudah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang mencangkup lingkup: Suhu, Massa, Tekanan, Dimensi, Volumetrik, Electrical dan instrumentasi dengan no.akreditasi LK-232-IDN.

2.  JASA SAMPLING AIR & MONITORING KUALITAS AIR 

Dalam program ini BMD Laboratory memberikan jasa monitoring kualitas air dalam bentuk pengambilan contoh air (sample air) dari berbagai sumber air alam dan sumber air yang dikonsumsi masyarakat sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku. Menggunakan metode dan teknik sampling sesuai dengan standar SNI, US EPA, APHA-AWWA-WEF yang berlaku di dunia nasional dan internasional, serta dilakukan oleh team teknis yang berpengalaman, kompeten dan tersertifikasi. Dalam program Monitoring Kualitas Air yang kami sediakan, nantinya untuk sample air yang di dapat akan di analisa oleh laboratorium lingkungan rekanan kami yang telah terakreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008 sesuai dengan ruang lingkup yang dibutuhkan pada pengujian.

Adapun tahapan program meliputi:

  • Tahap Perencanaan dan Scheduling
  • Tahap Pengambilan Contoh air (sampling) dan pemeriksaan kualitas air di lapangan (Pengujian di Lapangan/Inspeksi)
  • Tahap analisa sampel yang ditelah diambil oleh petugas pengambil contoh BMD Laboratory, dimana sample ini akan dianalisa oleh laboratorium rekanan (partner) yang terakreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008.
  • Tahap Reporting (pelaporan) hasil analisa sample.
  • Tahap diskusi untuk berkonsultasi dan pemberian rekomendasi hasil uji dari sample yang telah di analisa.

3. PROVIDER UJI PROFISIENSI

Provider Uji Profisiensi, saat ini kami terus mengembangkan berbagai program yang menjadi kebutuhan laboratorium khususnya yang akan ataupun yang sudah terakreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008, mengingat sebagai bentuk pengendalian mutu (eksternal quality control) salah satunya laboratorium harus ikut serta dalam program Uji Banding (uji profisiensi). Lingkup ujiprofisiensi yang sudah kami kembangkan yaitu

  1. Uji Profisiensi Pengujian Kimia, selama kami berdiri team kami sudah lebih dari 50 program uji profisiensi yang sudah dikembangkan, dimana khusus untuk komoditi lingkungan tercatat sudah lebih dari 20 program uji profisiensi yang sudah kami selenggarakan hingga tahun 2015. Dengan jumlah participant lebih dari 100 laboratorium untuk seluruh komoditi kimia. Dimana dalam lingkup ini proses akreditasi sedang dalam tahap pengembangan. Namun berbekal pengalaman perusahaan dan tenaga ahli yang terlibat dalam program uji profisiensi yang kami selenggarakan kami menjamin bahwa program UP yang kami selenggarakan sesuai dengan panduan mutu perusahaan yang kami kembangkan dan merujuk kepada standar ISO/IEC 17043. Dalam program ini team kami terdiri dari LIPI , IPB , BPPT , Trakindo dan masih banyak lagi lainnya.
  2. Uji Profisiensi Pengujian Kalibrasi.
  3. Uji Profisiensi Pengujian Mikrobiologi, untuk lingkup ini kami bekerja sama dengan IFM Quality Services salah satu provider Proficiency Test yang berasal dari australia dalam menyelenggarakan Program Uji Profisiensi Mikrobiologi khusus di Indonesia. Untuk program Uji Profisiensi Mikrobiologi ini IFM Quality Services telah Ter Akreditasi ISO/IEC 17043 oleh A2LA (American Association for Laboratory Accreditation). Anda bisa melihat status akreditasi tersebut dengan klik disini…  dan status partnership kami klik disini.

IFMQS Accreditation

IFM Quality Services-BMD Laboratory