Mikropipet atau dalam bahas lain (micropipet) adalah suatu alat yang digunakan untuk memindahkan cairan dalam jumlah kecil secara akurat. Penggunaan pipet gelas seperti pipet ukur dan pipet volume (gondok) tidak mempunyai akurasi yang tinggi untuk volume kurang dari 1 ml. Sehingga pada pemindahan cairan dengan volume sanagt kecil kurang dari 1000 mikroliter, orang cenderung menggunakan mikropipet atau biasa juga disebut dengan pipet otomatis.

Akan tetapi Mikropipet sebenarnya mempunyai fungsi seperti pipet biasa yaitu untuk memindahkan cairan atau larutan dari satu tempat ke tempat lainnya. Jika pipet biasa ini digunakan pada volume terkecil 1 mili liter, untuk mikro pipet biasanya digunakan untuk volume dibawah 1 mili liter. Untuk ukurannya sendiri bervariasi antara dari 5 mikro liter s/d 1 ml. Bahkan untuk micropippets Adjustable dapat kita temui dengan volume 0.1 mikro liter.

 

Bagian-bagian dari Mikropipet beserta Fungsinya

Fungsi dari bagian-bagian mikropipet:

  1. Plunger button

Bagian ini bergerak ke atas ketika dilepas dan ke bawah ketika ditekan berfungsi untuk mengukur kuantitas udara yang ditarik dan dihembuskan volume liquid yang ditarik dan dikeluarkan oleh pipette tip. Pada bagian atas plunger button ini terdapat angka yang menunjukkan kapasitas maksimum dan minimum dari mikropipet yang kita gunakan.

  1. Volume adjustment knob

Berfungsi untuk mengatur volume liquid yang akan ditransfer.

  1. Shaft

Tempat melekat handle ejector arm, dan menghubungkan antara mikropipet dengan plastic tip.

  1. Ejector arm

Berfungsi mendorong plastic tip agar terlepas dari mikropipet.

  1. Plastic tip

Bagian yang kontak langsung dan menampung liquid saat dilakukan proses penarikan volume tertentu liquid hingga ditransfer. Besar kcilnya disesuaikan dengan kapasitas mikropipet dan volume liquid yang ditransfer.

  1. Tip ejector button

Digunakan untuk meng”eject” atau melepaskan plastic tip setiap kali selesai digunakan atau untuk mengganti ujung tip.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *