Cara Kalibrasi Outside Micrometer – Outside Micrometer yang dipakai dalam jangka waktu lama, akan mengalami deviasi atau degredasi (penyimpangan) pada pembacaan titik nol nya. Untuk itu harus dilakukan penyetelan ualang pada titik nol atau di kalibrasi. Agar pembacaan pada alat bisa di ketahui seberapa besar penyimpangan alat tersebut, Kalibrasi outside micrometer yaitu dengan adjustment kembali ketitik nol untuk mendapatkan hasil ukur yang akurat dan presisi. pada saat pengukuran yang di lakukan, sering terjadi hasil dari pengukuran yang di lakukan dengan menggunakan alat ukur yang sejenis seharusnya hasil pengukurannya sama, perbedaan hasil pengukuran ini terjadi karena berbagi pengaruh diantaranya: pengaruh lingkungan, operator, atau pun metode pengukuranya.

Ada beberapa Cara Membaca Skala Pengukuran Mikrometer

a. Outside Mikrometer dengan tingkat ketelitian 0,01 mm Jarak tiap strip diatas garis horizontal pada outer sleever       adalah 1 mm, dan jarak tiap strip dibawah garis horizontal adalah 0,5. Pada skala timble tiap strip nilainya 0,01           mm. hasil pengukuran pada mikrometer adalah jumlah pembacaan ketiga skala tersebut.

b. Outside Mikrometer dengan tingkat ketelitian 0,001 mm Jarak tiap strip diatas garis horizontal pada outer sleever     adalah 1 mm, dan jarak tiap strip dibawah garis horizontal adalah 0,25. Pada skala timble tiap strip nilainya 0,01         mm dan pada skala vernier 0,001 mm. hasil pengukuran pada mikrometer adalah jumlah pembacaan ketiga skala     tersebut.

c.  Skala pada mikrometer dibagi dua jenis:

  1. Skala Utama ( untuk skala ketelitian 0,01 mm) Terdiri dari skala: 1, 2, 3, 4, 5 mm, dan seterusnya. Dan nilai tengah : 0,5; 1,5; 2,5; 3,5; 4,5; 5,5 mm, dan seterusnya.
  2. Skala Putar ( untuk skala ketelitian 0,01 mm) terdiri dari skala 1 sampai 50. Setiap skala putar berputar mundur 1 putaran maka skala utama bertambah 0,5 mm. Sehingga 1 skala putar = 1/100 mm = 0,01 mm.

 

 

*dikutip dari berbagai sumber

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *