Masalah yang sering terjadi pada pengukuran derajat keasaman dengan menggunakan pH meter adalah dikarenakan elektroda pH meter itu sendiri. Memang elektrode ini mempunyai sifat yang sangat sensitif sehingga pengangananpun harus benar-benar diperhatikan.

Untuk beberapa merk dan tipe tertentu pH meter terkadang apabila terjadi suatu masalah akan memberikan suatu petunjuk bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Misalnya pada saat kalibrasi pH meter ternyata dari nilai slope yang dihasilkan tidak sesuai spesifikasi dari alatnya maka pada display akan tertera petunjuk atau tahapan yang harus kita lakukan dalam mengatasi hal tersebut.

Untuk menjaga/ merawat ph meter anda agar awet dan selalu dapat digunakan dengan performa yang baik maka anda harus melakukan beberapa tahapan dibawah ini :

  1. Kalibrasi Berkala, Lakukan kalibrasi ph meter secara berkala pada setiap hari sebelum digunakan, atau jika pH meter digunakan secara continue 24 jam lakukan pada interval 8 jam (atau setiap shift), teman-teman bisa memanfaatkan fitur calibration reminder yang terdapat pada unit alat dimana alat akan memberikan sinyal alarm jika kalibrasi sudah lewat 8 jam. Gunakan paling tidak 2 larutan standar buffer dimana rentang pengukuran akan dilakukan, lebih baik lagi jika kita menggunakan 3 larutan buffer. Untuk larutan buffer tersebut dapat mudah kita dapatkan di suplier, yang perlu kita perhatikan adalah larutan standar yang kita beli tersebut apakah merujuk ke standar NIST atau USA.
  1. Penyimpangan Elektrode pH meter, Jika pH meter tidak digunakan, Ujung elektrode harus kita kondisikan dalam kondisi tetap basah dan direndam dalam larutan elektrolit KCl 3 M untuk mencegah larutan reference terdifusi keluar.
  1. Perawatan Elektroda pH meter, Secara rutin misalnya 1 bulan sekali, elektrode harus dibersihkan dengan menggunakan larutan pencuci, ada beberapa brand yang menjual cleaning solution khusus untuk elektrode pH meter ini. Untuk reference solution yang ada di elektroda juga diperlukan penggantian secara berkala, pastikan kita mempunyai stock untuk reference solution tersebut.
  1. Pembersihan Elektroda pH meter, Setelah menggunakan ph meter atau setelah melakukan pembacaan pada sampel, maka elektroda/probe harus di bilas menggunakan aquadest agar elektroda dan membran pada ph meter tidak cepat rusak, dan setelah itu di keringkan menggunakan tissue dengan cara di tempel-tempelkan pada bagian yang basah, jangan sampai mengeringkannya dengan cara menggosok atau secara keras, karena dapat mempengaruhi kinerja pembacaan dari ph meter tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *