Perawatan Timbangan – Pada saat ini timbangan yang paling sering digunakan adalah timbangan digital, hal demikian agar lebih akurat dan bias menimbang dengan jumlah yang kecil dan juga bisa menimbang lebih dari satu bahan dalam satu wadah tanpa harus mengeluarkan bahan sebelumya.  Timbangan memiliki cara perawatan yang berbeda  sesuai dengan jenisnya. Akan tetapi cara perawatan timbangan yang tepat secara umum yaitu :

  1. letakan timbangan di tempat yang datar dan jauh dari jangkawan anak anak
  2. setelah minimbang yang berbahan dari air atau mudah terjadinya perkembangan bakteri segera lakukan pembersihan timbanganya
  1. Jangan menyimpan barang atau benda  di atas timbangan secara menetap (bukan dengan maksud menimbang).
  1. Perhatikan batas maksimal berat yang ditentukan Setiap timbangan, dari setiap timbangan memiliki kapasitas yang berbeda. Usahabkan untuk tidak melampaui batas kapasitas timbangan sagar keakurataanya tetap terjaga dengan baik.
  2. Hindari dari debu, air dan kotoran Timbangan digital sangat sensitif apabila terkena air. Oleh sebab itu, hindari menaruh air dekat dengan timbangan karena dapat tumpah kapan saja. Timbangan digital yang terkena air dapat mengalami kerusakan. Inilah biasanya yang sering dianggap hal kecil dalam cara perawatan timbangan yang tepat.
  3. Saat melakukan penimbang benda atau barang yang akan di timbang di taru secar perlahan agar tidak merusak timbangan tersebut.
  4. Perhatikan daya baterai pada timbangan Pada saat menggunakan timbangan digital, sebaiknya Anda perlu untuk memperhatikan daya baterai. Sama seperti handphone, jika baterai sudah low dan mati maka timbangan akan mengalami kerusakan. Hal ini menyebabkan nilai keakuratan menjadi berbeda. Anda perlu untuk mensettingnya kembali.

Beberapa tips diatas adalah cara perawatan timbangan yang tepat. Jika timbangan sudah kotor segeralah untuk membersihkannya menggunakan kain halus  timbangan jenis manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *