Hydrometer merupakan sebuah alat yang menerapkan prinsip serta mengaplikasikan hukum Archimedes dalam proses kerjanya. Hukum Archimedes banyak kita jumpai dalam keseharian kita. Dalam Hukum Archimedes diterangkan bahwa benda yang dicelupkan ke dalam fluida akan mengalami gaya dorong ke atas sama dengan berat fluida yang berpindah. Jadi pada saat alat hydrometer dimasukan ke dalam zat cair maka zat cair itu akan balik memberi gaya ke atas yang memiliki besaran sama dengan berat dari aalt hydrometer itu sendiri. Ini disebabkan di dalam alat sudah ada zat cair yang memiiliki massa jenis yang telah diketahui serta telah terpampang dalam sebuah skala yang ada pada hydrmeter
Fungsi dan kegunaan Alat deteksi
Tentu sebelumnya kalian pernah bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui kadar alkohol dalam suatu minuman. Hal itu semua terjawab oleh kehadiran alat alkoholmeter/ hidrometer.
Hidrometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur berat jenis (atau kepadatan relatif) dari cairan, yaitu rasio kepadatan cairan dengan densitas air. Hidrometer biasanya terbuat dari kaca dan terdiri dari sebuah batang silinder dan bola pembobotan dengan merkuri untuk membuatnya mengapung. Cairan yang akan diuji dituangkan ke dalam wadah yang tinggi, seringkali sebuah silinder lurus dan hidrometer dengan perlahan diturunkan ke dalam cairan sampai mengapung bebas. Titik di mana permukaan cairan menyentuh hidrometer yang dicatat. Di dinding hidrometer biasanya terdapat skala pengukuran sehingga berat jenis dapat dibaca secara langsung. Ada berbagai skala dan digunakan tergantung pada konteks. Hidrometer dapat dikalibrasi untuk kegunaan yang berbeda, seperti alat pengukur jumlah susu untuk mengukur kepadatan (creaminess) dari susu, saccharometer untuk mengukur kepadatan gula dalam cairan, atau pengukur banyaknya alkohol untuk mengukur kadar alkohol yang lebih tinggi. Pengoperasian hidrometer didasarkan pada prinsip Archimedes bahwa suspensi pada fluida akan didorong oleh kekuatan yang sama dengan berat fluida yang dipindahkan. Dengan demikian, semakin rendah kerapatan zat tersebut, lebih jauh hidrometer akan tenggelam.
Sebuah cairan dengan berat jenis rendah semisal minyak tanah, bensin, dan alkohol, hidrometer akan tenggelam lebih dalam dan dalam cairan dengan berat jenis tinggi seperti air garam, susu, dan asam hidrometer tidak akan tenggelam teralu jauh. Biasanya hidrometer memiliki dua instrumen yang terpisah, satu untuk cairan berat, di mana tanda 1.000 untuk air sudah dekat bagian atas batang, dan satu untuk cairan ringan, di mana tanda 1.000 sudah dekat bagian bawah. Dalam banyak industri satu set hidrometer digunakan mencakup rentang berat jenis 1,0-0,95 dan 0,95-0,9 untuk memberikan pengukuran yang lebih tepat.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *