Tingkat akurasi sebuah instrumen memang sangat menentukan kualitas dari fungsi instrumen ini. Seperti halnya pada instrumen Glassware tingkat akurasi sangat penting. Akan tetapi nilai akurasinya akan sangat dipangaruhi beberapa hal berikut ini:

1. Temperatur atau Suhu dari Volumetric Glassware

Daya tampung  dari volumetric glassware  sangat bervariasi terhadap perubahan suhu. Nilai variasi dari volume terhadap variasi suhu sangat ditentukan oleh koefisien muai dari bahan material.

2.Temperatur Liquid

Nilai densitas air destilasi yang digunakan dalam mengkalibrasi volumetric glassware nilainya bergantung pada suhu, hal ini disebabkan proses kalibrasi menggunakan metode gravimetric yang mana volume dihitung berdasarkan V = m/ρ, oleh karena itu penetapan nilai volume disini bergantung pada ketelitian pengukuran temperatur air destilasi.

3.Tingkat Kebersihan Permukaan Gelas

Volume yang ada didalam volumetric glassware yang mengalir keluar dari volumetric glassware sangat dipengaruhi oleh faktor kebersihan permukaan bagian dalam gelas dari Volumetric glassware ini.

Langkah pengamatan :

  • Meniskus liquid yang naik mestinya berubah bentuk
  • Pada buret serta pipet, ketika proses pengosongan melalui keran buret atau ujung pipet, sebaiknya permukaan bagian dalam gelas harus tetap basah dan meniskus tidak berubah

4.Pengaturan Meniskus

Pada volumetric glassware menggunakan prinsip dalam membaca meniskus ( batas antara udara dan air) pada suatu garis acuan atau skala. Meniskus ini harus diatur sedemikian rupa hingga didapatkan bagian atas garis pembagi merupakan tengensial horizontal terhadap titik paling bawah dari meniskus tersebut , sementara garis pandangan mata harus berada pada plane yang sama.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas maka kita juga perlu memperhatikan langkah-langkah kerja dalam mengkalibrasi volumetrik sebagai berikut :

  • Membersihkan alat-alat glassware dari kotoran serta debu yang mengkontaminasi
  • Mengkondisikan alat yang akan dikalbrasi dalam kondisi fungsi yang baik sebelum dilakukan kalibrasi

Mempersiapkan lembar kerja Volumetric atau Glassware Volumetric worksheet kemudian lakukan pengisian suhu dan kelembaban dan menentukan titik-titik skala yang akan kalibrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *