Sewaktu akan ,memindahkan sebuah larutan kedalam gelas kimia, gelas ukur, labu erlenmeyer atau labu takar pasti kita memerlukan yang namanya pipet, sebagai alat untuk memindahkan cairan kedalam gelas kimia, pipet ini terbagi menjadi 3 jenis yang berbeda,  tujuan yang berbeda-beda dan tingkat ketelitianya berbeda-beda pula.

  1. Pipet gondok
  2. Pipet tetes
  3. Pipet ukur

Ketiga pipet diatas memiliki cara pemakaian dan fungsinya berbrda beda.

  1. Pipet gondok ialah sebuah alat untuk memindahkan larutan dengan volum tertentu saja yaitu 10ml, 25ml, 50ml, 100ml, cara menggunakan pipet gondok pun harus menggunakan media pembantu untuk menyerap larutan dari suatu wadah dengan menggunakan bola hisap. fungsi bola hisap adalah untuk menydot/menghisap air atau larutan kedalam pipet gondok.

mengukur-volume-larutan-menggunakan-pipet-gondok-572013

  1. Pipet tetes ialah sebagai alat untuk memindahkan larutan dengan s kala terkecil secara berkala. Cara pemakaiannya sangatlah mudah, pertama tekan atau pencet pada bagian bola karet yang terdapat pada pipet tetes lalu tahan dan masukan kedalam cairan, ketika pipet tetes di masukan kedalam cairan bola karet yang di tekan lalu dilepaskan dan angkat pipet tetes dari cairan untuk di pindahkan kedalam wadah lain dan untuk memindahkan ke dalam wadah tersebut kita hanya perlu memencet karet pada ujung pipet agar keluar dan kita juga bisa menyesuaikan kebutuhan banyaknya tetesan.

images

  1. Pipet ukur ialah sebagai alat untuk memindahkan larutan dengan volume skala besar dengan memiliki tingkat ketelitian lebih rendah deibandingkan pipet volum. Cara pemakaiannya pun sama dengan pipet gondok yaitu dengan menggunakan bola hisap juga.

pasang pipet

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *