LATAR BELAKANG

Jasa Laboratorium Kalibrasi Akreditasi KAN – Pengertian dan definisi kalibrasi yang pada umumnya dikenal oleh masyarakat luas adalah sebuah kegiatan pengujian/pengukuran yang dilakukan untuk menentukan kebenaran sebuah nilai sebuah kinerja alat ukur dengan cara dibandingkan terhadap suatu standar yang tertelusur kepada standar nasional ataupun internasional (traceability) serta bahan acuan tersertifikasi (Certified Reference Material). Secara umum besaran-besaran pengukuran yang pada umumnya dikalibrasi dalam aplikasi industri adalah sebagai berikut:

  1. Dimensi
  2. Massa
  3. Gaya
  4. Tekanan
  5. Suhu
  6. Panjang Gelombang
  7. Waktu
  8. Volume
  9. Aliran (Flow)
  10. Instrumentasi dan lain sebagainya

Adapun pada umumnya setiap perusahaan/laboratorium yang dalam kegiatan setiap harinya melakukan pengukuran terhadap besaran diatas, maka alat ukur yang digunakan sangat penting dan wajib di kalibrasi. Adapun Tujuan Kalibrasi itu sendiri adalah untuk memastikan bahwa alat ukur yang digunakan dalam mengukur masih sesuai dengan fungsi dan peruntukanya. Karena proses Kalibrasi Alat Ukur ini merupakan hal penting yang harus dilakukan sebagai salah satu bentuk jaminan mutu dari sebuah produk/jasa yang di hasilkan, maka organisasi Non Profit ISO (International Standarization Organization) dalam mereleased standar ISO 9001 (Quality Management System) dan ISO/IEC 17025 (Laboratory Management System) menjadikan Kalibrasi Alat ukur sebagai point wajib yang harus dipenuhi. Apabila sebuah organisasi ingin tersertifikasi ISO 9001 ataupun akreditasi ISO/IEC 17025.

BMD Laboratory adalah Jasa Laboratorium Kalibrasi Areditasi KAN, dengan lingkup dan besaran yang terakreditasi meliputi:

  1. Temperature: Temperature Sensor with display unit, Thermocouple, Temperature Enclosure (Waterbath, Oilbath, Oven, Incubator, Furnance)
  2. Mass: Calibration of Weights (Conventional Mass) Class M1 dan F2, Balance (Electronic & Mechanic) Res (0.001 gr, 0,1 gr)
  3. Volume: Volumetrik Measures (Gelas ukur, labu, pipet)
  4. Gaya: Push Pull Gauge
  5. Torque: Torque Meter
  6. Length: Outside Micrometer, Heigh Gauge, Calliper, Thickness Gauge, Steel Ruler, Feeler Gauge, Dial Indicator, Roll Meter, Snap Gauge, Gap Gauge
  7. Waktu: Stopwatch/Timer
  8. Analytical Instrument: pH Meter, Viscometer, Conductivity, Spektrofotometer (Transmitance & Panjang Gelombang), Refraktometer, DO Meter

Untuk info lebih lanjut terkait harga (price), ruang lingkup dan besaran Jasa Kalibrasi yang kami sediakan silahkan hubungi Kontak Kami 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *