Gas detector portable merupakan salah satu perangkat industrial yang dirancang khusus untuk bisa mendeteksi keberadaan gas yang ada pada suatu tempat, sehingga dengan gas detector portable ini resiko terjadinya kebocoran gas dapat ditanggulangi dengan baik. Saat ini gas detector portable ini menjadi peralatan yang banyak dibutuhkan oleh banyak pihak terutama di kalangan perusahaan yang memiliki berbagai kandungan gas yang berbahaya. berikut contoh gas-gas di udara:

  1. Hidrokarbon atau (HC),
  2. karbo monoksida (CO),
  3. Karbo dioksida (CO2),
  4. Hidrogen Sulffida (H2,S)
  5. Oksigen (O2).

Ada beberapa Jenis jenis alat gas detector:

  1. Gas detektor combusitble atau flammabble (explosimeter), ialah alat yang digunakan untuk mendeteksi dan mengukur kandungan gas atau uap suatu jat yang mudah menyala dan terbakar di udara. Ada dua jenis alat combustible atau flammabble: ada yang portable system  dan fixed system. Pada salah satu sisinya terpasang aspirator bulb untuk menghisap contoh udara, dan pada sisi lain berawal terpasang saluran tempat masuknya udara.  Gas detector langsung dapat digunakan untuk mendeteksi konsentrat gas di udara sekeliling. Menggunakan sampling line untuk mempermudah pendeteksian area tertentu seperti manholetangki lain.
  2. Oksigen analyzer adalah suatu alat yang digunakan untuk mengukur konsentrat oksigen dalam suatu lokasi, dengan tujuana melindungi pekerja akibat dari suatu kekurangan oksigen.

Gas detector Toxic merupakan alat untuk medeteksi adanya gas gas yang berbahaya dan beracun pada bagian kehidupan. Ada pun beberapa model gas detector Toxic :

  1. alat detector kapsul cara kerjanya akan terjadi perubahan warna akibat bahan pendeteksi (reagen serbuk kimia)kontak dengan hidrogen sulfida. Panjang daerah perubahan warna dikalibrasi menjadi ukuran konsentrat.
  2. alat detector jinjing – perinsip kerjanya secara electrochemical sensor dan diatur oleh ke dua elektroda yang berada pada elektrolit dan ditutup suatu membran yang memungkinkan gas masuk kedalamnya. Reksinya akan menghasilkan arus atau aliran listrik semakin besar konsentrat gas yang masuk semakin cepat reaksi elektrokimia maka arus listrik makin besar.
  3. alat detector sistem Terpasang tetap agar tempat kerja memenuhi standar atau persyaratan kerja atau tidak mengganggu kesehatan dan perlu di lakukan monitoring baik waktu tertentu atau pun terus menerus, dengan bertujuan mengetahui perubahan kondisi di tempat kerja dan kebocoran di lokasi kerja.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *