Berdasarkan definisi dari penggunaanya termometer adalah alat yang berfungsi untuk mengukur suhu. Termometer memiliki dua elemen penting: sensor suhu  ( misalnya bola pada termometer merkuri ) di mana beberapa perubahan fisik terjadi dengan suhu, ditambah beberapa cara mengkonversi perubahan fisik ke dalam nilai numerik (misalnya skala pada termometer merkuri) biasanya menggunakan gelas kaca. Namun ada juga beberapa termometer yang mengandung alkohol yaitu dengan tambahan pewarna. termometer ini lebih mudah dibaca dan aman. Jenis khusus termometer air raksa, disebut ternometer maksimum, Sementara sebuah termometer individu mampu mengukur derajat panas, pembacaan pada dua termometer tidak bisa dibandingkan kecuali mereka sesuai dengan skala yang disepakati. Saat ini digunakan skala temperatur termodinamika absolut. Skala suhu disepakati secara internasional yang dirancang untuk perkiraan ini erat, berdasarkan poin tetap dan termometer interpolasi.

Adapun berbagai jenis termometer yang ada di pasaran umumnya yaitu:

  1. Termometer klinis disebut juga termometer badan, termometer ini digunakan untuk mengukur suhu badan pasien. Cairan yang digunakan untuk mengisi termometer klinis adalah air raksa.
  2. Termometer dinding disebut juga termomter rentang skala. Termometer ini memggunakan cairan raksa sebagai pengisi.Termometer ini biasanya dipasang di dinding dengan posisi vertical.
  3. Termometer maksimum-minimum. Termometer ini digunakan untuk mengukur suhu tertinggi dan suhu terendah di suatu tempat.Termometer ini dapat mengukur suhu maksimum dan minimum sekaligus.
  4. Termometer laboratorium. Termometer ini digunakan untuk perlengkapan praktikum di laboratorium. Bentuknya pipa panjang dengan cairan pengisi alkohol yang diberi warna merah.
  5. Termometer industri. Termometer industri digunakan untuk kegiatan industri

Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda, selain itu juga apabila anda membutuhkan Jasa Kalibrasi Suhu (Termometer) silahkan menghubungi kontak kami disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *