Jenis Jenis Viskometer – Viskometer merupakan  alat yang dipergunakan untuk mengukur kekentalan atau mengukur konsentrasi suatu cairan secara kualitatif. Alat ukur viskometer dibagi menjadi 3 bagian :

1, Viskometer ostwald. Cara penggunaanya dengan cara mengukur waktu yang diperlukanuntuk mengalirnya cairan dalam melewati 2 tanda ketika mengalir karena gravitasi melalui viskometer Ostwald. Ada pun cara unatuk mengkalibrasi viskometer Ostwald adalah dengan air yang sudah diketahui tingkat viskositasnya.

2. Viskometer Hoppler Viskositas dapat juga ditentukan dengan cara hoppler, berdasarkan hukum stokes yang artinya berdasarkan jatuhnya benda melalui medium suatu zat cair. Benda bulat seperti bola dengan jari-jari (r) dan massa jenis ( ℓi ) yang jatuh karena prubahan gaya grafitasi melalui fluida dengan massa jenis ( ℓ ) fluida akan mempunyai gaya grafitasi sebesar: benda yang jatuh mempunyai kecepatan yang makin lama makin besar. Tetapi dalam medium ada gaya gesek yang makin besar bila kecepatan benda bertambah besar.3. Viskometer Cone and Plate, Viscometer Cone/ Plate adalah alat ukur kekentalan yang memberikan peneliti suatu instrumen yang canggih untuk menentukan secara rutin viskositas absolut cairan dalam volume sampel kecil. Cone dan plate memberikan presisi yang diperlukan untuk pengembangan data rheologi lengkap Akurasi alat . Cara penggunaan alat ukur Viskometer Cone and Plate yaitu sampel ditempatkan ditengah-tengah papan, lalu dinaikkan hingga posisi dibawah kerucut. Kerucut digerakkan oleh motor dengan bermacam kecapatan dan sampelnya digeser didalam ruang sempit antara papan yang diam dan kemudian kerucut yang akan berputar.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi akurasi dari alat Viskometer Cone and Plate ini, misalnya:

  1. Dipakai pada cone dan plate
  2. ukuran sample
  3. waktu yang dibutuhkan untuk memungkinkan sampel untuk menstabilkan pada pelat sebelum terbaca
  4. kebersihan kerucut dan plat
  5. jenis bahan, tinggi atau rendah viskositas, ukuran partikel
  6. tipe cone, cone rentang yang lebih rendah memberikan akurasi yang lebih tinggi
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *