Instrument laboratorium kimia pada umumnya terbuat dari material  gelas. Gelas dipilih sebagai bahan pembuatan peralatan karena mempunyai sifat-sifat yang menguntungkan.Salah satu dari peralatan gelas tersebut adalalah pipet volumetrik, yang juga biasa disebut pipet transfer, pipet ini sangat mudah dibedakan dari pipet lainnya,karena keunikannya memiliki sebuah gelembung/ meniscus di tengahnya. Konsistensi hasil pengujian dan/atau kalibrasi dengan presisi dan akurasi yang tinggi serta validitas dan ketertelusuran pengukuran dapat dicapai dan dijamin dengan kalibrasi peralatan. Kalibrasi itu sendiri merupakan sejumlah kegiatan yang membentuk hubungan antara nilai yang ditunjukkan oleh instrumen pengukuran (unit under test / UUT) dengan nilai-nilai yang sudah diketahui berkaitan dari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu.Biasanya, peralatan baru dapat diasumsikan telah terkalibrasi yang dilakukan oleh pabrik instrumen itu sendiri. Tetapi, selama penggunaannya, bagaimanapun perlakuannya, alat ukur akan menyimpang dari spesifikasi yang telah ditetapkan karena berbagai alasan. Alasan itu dapat berupa keausan mekanik,dan pengaruh dari kotoran, debu, asap serta bahan kimia di lingkungan penggunaannya.

Fungsi utama dari sebuah proses kalibrasi adalah untuk mengkomparasi  satu alat ukur atau sistem yang memiliki hubungan yang sudah diketahui, dengan standar nasional (maupun Internasional) dengan suatu alat ataupun sistem lain yang hubungannya dengan standar nasional (maupun standar Internasional) tidak diketahui.Dalam kalibrasi dikenal Akurasi dan Presisi sebagai nilai ukur. Akurasi adalah sebuah konsep yang mana meliputi kedekatan pada jawaban yang benar(terkadang dikenal sebagai “Kebenaran”) dengan penerimaan ketidakpastian (misalnya dengan presisi yang baik).Hubungan antara Akurasi dan Presisi digambarkan oleh gambar sebagai berikut.

Yang mana tingginya presisi dipresentasikan oleh kedekatan titik mengenai target, dan tingginya akurasi digambarkan oleh ketepatan titik mengenai tengah target. Pipet volumetrik terbuat dari gelas transparan/tembus pandang. Kegunaan pipet volumetrik ini adalah untuk mengambil dan memindahkan cairan dengan volume tertentu sebagaimana tertera pada batang pipet volumetrik.Toleransi adalah istilah yang terkait erat dengan akurasi dan didefinisikan sebagai kesalahan maksimal yang diharapkan dalam nilai tertentu. Bila digunakan dengan benar, toleransi dapat difungsikan untuk menggambarkan deviasi maksimal dari sebuah komponen produk dengan menggunakan penilaian tertentu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *