Kalibrasi Thermometer Gelas 
Termometer Glass BMDThermometer Gelas adalah  alat ukur suhu udara atau derajat  panas yang berbentuk tabung kaca berongga tertutup yang berisi cairan tertentu, cairan tersebut biasanya berupa air raksa (Hg) atau alkohol. Sistem kerja dari thermometer gelas adalah zat cair akan memuai apabila suhu meningkat dan akan mengalami penyusutan jika suhu menurun, akan tetapi  zat cair akan berada pada kondisi awal apabila belum terjadi perubahan suhu. Nilai suhu akan terukur nilainya pada sekala thermometer sesuai dengan keadaan lingkungan. Thermometer yang akan di bahas di sini adalah Thermometer air raksa yang umumnya menggunaknan sekala suhu Celcius atau Fahrenhhait. Celcius menggunakan suhu pencairan dan bukan suhu pembekuan. Zat cair yang dipakai pada  thermometer ini merupakan zat cair  yang memiliki koefisien tinggi, sehingga bisa di gunakan pada rentang suhu yang tinggi. Rentang titik ukurnya sekitar 30oC sampai dengan 100oC.

Untuk menjaga keakuratan cara kerja atau fungsi thermometer maka thermometer harus dipelihara dan dikontrol. Cara memeliharanya dengan melakukan pengawasan dan melakukan kalibrasi  alat juga mengkomparasi denan  alat lain, supaya diketahui apakah alat yang di pakai masih dapat digunakan atau tidak. Prosedur kalibrasi ini bertujuan untuk membandingkan nilai pembacaan thermometer yang dikalibrasi dengan penunjukan pada thermometer standar. Untuk memulai teknik kalibrasinya adalah dengan menyiapkan peralatan seperti kain pembersih atau tissue, jepitan thermometer, thermometer terkalibrasi disertai sertifikat uji o
perasional, thermometer yang akan di kalibrasi, media pemanas (water bath). Setelah peralatan siap maka langkah kerjanya adalah:

  • Nyalakan power listrik pada media/alat pemanas, setting pada suhu yang diinginkan, kemudian tekan tombol switch pada posisi “ON”.
  • Cek thermometer yang dikalibrasi, catat merk, nomor seri, rentang ukur dan ketelitian pada lembar kerja.
  • Rendam/celupkan thermometer standard dan thermometer yang dikalibrasi didalam media/alat pemanas water bath, jarak antara keduanya sedekat mungkin.
  • Proses pencelupan thermometer gelas standar atau thermometer yang dikalibrasi sesuai dengan sistem yang tertera pada thermometer gelas tersebut (total atau parsial) Tunggu suhu pada setting yang diinginkan sampai suhu stabil.
  • Lakukan pembacaan nilai penunjukan suhu thermometer standar dan thermometer yang dikalibrasi, catat pada worksheet.
  • Komparasikan nilai pembacaan thermometer yang dikalibrasi dengan penunjukan pada thermometer standar dan catat pada lembar pengambilan data.
  • Lakukan pengulangan pembacaan nilai pengukuran suhu diatas sebanyak minimal 3 (tiga) kali dengan jeda waktu pembacaan selama 5 (lima) menit.
  • Upayakan agar naik/turunkan setting suhu berikutnya apabila dikehendaki beberapa titik suhu kalibrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *