Kalibrasi merupakan proses mengevaluasi dan menyesuaikan presisi dan akurasi peralatan pengukuran. Kalibrasi yang tepat dari instrumen memungkinkan seorang teknisi/karyawan untuk memiliki lingkungan kerja yang aman dan menghasilkan data yang valid untuk referensi di masa mendatang. 

Kalibrasi mengacu pada tindakan mengevaluasi dan menyesuaikan presisi dan akurasi peralatan pengukuran. Kalibrasi instrumen dimaksudkan untuk menghilangkan atau mengurangi bias dalam pembacaan instrumen atas kisaran untuk semua nilai yang berkelanjutan. Ada 2 istilah yang sering di dengar dalam kalibrasi yaitu persisi dan akurasi.

  • Presisi adalah sejauh mana pengukuran berulang dalam kondisi tidak berubah menunjukkan hasil yang sama
  • Akurasi adalah tingkat kedekatan pengukuran kuantitas untuk nilai benar yang sebenarnya.

Untuk tujuan ini, standar referensi dengan nilai-nilai yang diketahui untuk titik yang dipilih meliputi berbagai kepentingan diukur dengan instrumen yang bersangkutan. Kemudian hubungan fungsional didirikan antara nilai standar dan pengukuran yang sesuai. Ada dua situasi dasar:

  • Instruments which require correction for bias: Instrumen membaca dalam satuan yang sama sebagai standar acuan. Tujuan dari kalibrasi ini adalah untuk mengidentifikasi dan menghilangkan bias dalam instrumen relatif terhadap unit didefinisikan pengukuran. Misalnya, Optical Imaging System yang mengukur lebar garis pada semikonduktor yang terbaca pada mikrometer. Meskipun demikian, instrumen ini harus dikalibrasi dengan standar referensi yang tertelusur ke Internasional.
  • Instruments whose measurements act as surrogates for other measurements: Kondisi seperti ini Instrumen membaca dalam unit yang berbeda dari standar referensi. Tujuan dari kalibrasi ini adalah untuk mengkonversi pembacaan instrumen unit of interest. Contohnya adalah pengukuran densitometer yang bertindak sebagai pengganti untuk pengukuran dosis radiasi. Ini bertujuan untuk sebagai standar referensi radiasi pada beberapa tingkat dosis dan kemudian diukur dengan radiometri. Standar acuan yang sama diukur dengan densitometer. Hasil yang dikalibrasi pembacaan densitometer masa depan pada perangkat medis dasar untuk memutuskan jika perangkat telah disterilkan di tingkat radiasi yang tepat.

Artikel ini dikutip dari sumber www.chemwiki.ucdavis.edu tanpa menurangi arti dan maksud sesungguhnya. Dan jika anda yang membaca kurang memahami pembahasan ini bisa mengunjungi halaman sumbernya langsung. Ataupun bagi anda yang membutuhkan Jasa Kalibasi KAN Murah dan Cepat silahkan hubungi kontak kami disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *