Dalam melakukan riset baik itu dalam bidang kimia farmasi dan pangan pastinya memiliki tujuan yang pada prinsipnya adalah mencari nilai sebenarnya dalam suatu parameter kimiawi. Nilai sebenarnya merupakan nilai yang mengkarakterisasi suatu kuantitas secara benar dan terdefinisikan pada kondisi tertentu yang eksis pada kuantitas tersebut diukur. Sementara beberapa contoh paramater yang dapat ditentukan secara analitik seperti konsentrasi, pH, suhum titik didih, kecepatan reaksi, dan lain-lain. Seperti pada bisanya dalam suatu pengamatan eksperimen secara umum, hasilnya diperoleh tentunya tidak lepas dari faktor kesalahan. Nilai parameter sebenarnya yang akan ditentukan dalam suatu perhitungan analitik tersebut merupakan  suatu ukuran yang ideal. Nilai ideal yang dimaksud hanya bisa diperoleh jika semua  penyebab kesalahan pengukuran dihilangkan dan jumlah populasi tidak terbatas. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan kesalahan dalam pengukuran antara lain : bahan kimia, peralatan, pemakai dan kondisi pengukuran serta beberapa faktor lainnya.Nah salah satu cara untuk mengurangi kesalahan dalam pengukuran analitik adalah dengan proses kalibrasi.

Pada hakikatnya validasi merupakan suatu konfirmasi pengujian dan pengadaan bukti yang obyektif bahwa persyaratan tertentu untuk suatu maksud khusus dipenuhi validasi terdiri dari beberapa langkah nyata yakni : validasi perangkat lunak, validasi perangkat keras, validasi metode, serta kesesuaian sistem.

Sementara itu kalibrasi merupakan proses verifikasi bahwa suatu akurasi alat ukur sesuai dengan rancangannya. Kalibrasi biasanya dilakukan dengan cara membandingkan suatu standard yang tertelusur ke standard nasional maupun internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi. Pada dasarnya Sistem Manajemen kualitas memerlukan sistem pengukuran yang efektif  dan termasuk didalamnya yakni kalibrasi formal, periodik dan terdokumentasi untuk semua perangkat pengukuran.

Sementara itu kita juga perlu mengetahui apa itu verifikasi, karena dalam sebuah riset nantinya juga perlu adanya verifikasi. Verifikasi merupakan suatu uji kinerja metode yang standard. Verifikasi ini merupakan suatu metode yang standard yang bermaksud dalam membuktikan bahwa dalam sebuah laboratorium memiliki data kinerja . Hal ini dikarenakan setiap laboratorium memiliki kondisi serta kompetensi personal yang berbeda pula. Adapun dalam melakukan proses verifikasi perlu memperhatikan metode tersebut apakah sudah presisi maupun akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *