Mengenal Alat Ukur Anemometer – Anemometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur arah dan kecepatan angin. Satuan meteorologi dari kecepatan angin ialah Knots (Skala Beaufort). Sedangkan untuk  satuan meteorologi dari arah angin adalah 0o – 360o serta arah mata angin. Anemometer harus ditempatkan di daerah terbuka

Secara umum Alat ukur anemometer ini terdapat dua tipe berikut tipe alat uakur anemometer:

  1. Anemometer dengan tiga atau empat mangkok

Sensor Anemometer ini  terdiri dari tiga atau empat buah mangkok yang dipasang pada jari-jari yang berpusat pada suatu sumbu vertikal atau semua mangkok tersebut terpasang pada poros vertikal. Seluruh mangkok menghadap ke satu arah melingkar sehingga bila angin bertiup maka rotor berputar pada arah yang tetap. Untuk kecepatan putar dari rotor itu sendiri tergantung kepada kecepatan tiupan angin. Melalui suatu sistem mekanik roda gigi, perputaran rotor mengatur sistem akumulasi angka penunjuk jarak tiupan angin. Anemometer tipe.

  1. Anemometer Termal

Anemometer termal ini merupakan satu sensor yang digunakan untuk mengukur kecepatan fluida atau angin sesaat. Prinsip kerja anemometer termal dari sensor ini berdasarkan pada jumlah panas yang hilang secara konvektif dari sensor ke lingkungan sekeliling sensor. Besaran anemometer termal panas yang dipindahkan dari sensor secara langsung berhubungan dengan kecepatan fluida yang melewati sensor.

 

*Diambil dari berbagai sumber

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *