Alat ukur ketinggian atau sering di sebut height gauge adalah alat ukur presisi seperti alat ukur vernier. Alat ukur ini merupakan alat ukur multifungsi atau banyak keguanaanya, karena alat ini hampir semua ada di setiap bengkel mesin. Keguanaanya sebagian alat ukur ketinggian, alat ini dapat menghasilkan pengukuran yang presisi. Langkah pengukuran suatu alat ini adalah alat/benda kerja yang akan diukur dan alat ukurnya ditempatkan pada suatu bidang datar seperti meja perata. Alat ukur ketinggian ini tersedia dalam beberapa ukuran ada yang dari 300 mm sampai 1000 mm atau dari 12 inchi sampai 72 inchi dengan ketelitian 0,02 atau 0,001 inchi.

Alat ukur ketinggian (vernier height gauge)

Pada umumnya alat ukur ini sama dengan vernier caliper, sehingga cara/teknik pembacaan ukurannya sama dengan pembacaan ukuran pada vernier caliper. Yang membedakan alat ukur ini dengan vernier caliper yaitu gerakan sensor ukurannya, di mana pada pengukuran alat ukur ini gerakan sensor adalah naik turun, sedangkan pada alat ukur vernier caliper gerakan sensornya adalah arah horizontal.

Kegunaan alat ukur height gauge selain digunakan untuk melakukan pengukuran,  juga dapat digunakan sebagai alat penanda yang presisi pada pekerjaan melukis dan menandai. Untuk keperluan tersebut, maka dipasangkan penggaris pada bagian sensor ukurnya. Pada bagian pemeriksaan kualitas atau quality control alat ini sangat banyak digunakan sebagai alat pemeriksaan kehalusan permukaan benda kerja, dengan cara memasangkan dial indikator pada sensor ukurnya. Dikarenakan banyaknya kegunaan alat ini, maka hampir semua bengkel kerja mesin mempunyai peralatan ini. Perlu diingat bahwa karena alat ini sangat presisi, maka cara memakai dan menyimpan alat ini harus benar-benar diperhatikan.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *