Mengenal  Lemari Asam

Fume Hood atau yang sering kita denagr lemari asam ialah sebuah alat yang berada diruangan laboratorium yang dilengkapi dengan alat perotasi udara seperti kipas penyedot (ceiling fans), sehingga pergantian udara menjadi lebih baik dan tahan terhadap bahan kimia, baik untuk asam ataupun basa. Fungsi utama dari lemari asam itu sendiri adalah sebagai perantara untuk memindahkan bahan kimia asam konsentrasi tinggi, tempat  reaksi kimia yang menggunakan bahan-bahan yangmudah menguap dan gas yang berbahaya, selain itu juga sebagai tempat untuk menyimpan bahan-bahan kimia asam tinggi. Pada lemari asam sirkulasi udara sangant lah penting sehingga lemari asam dapat bekerja dengan baik. Bahan bahan yang digunakan dalam lemari asam seharusnya tahan terhadap bahan kimia.

Berikut ini beberapa cara untuk menggunakan lemari asam :

  1. Naikan jendela sorong sesuai yang anda inginkan
  2. Hidupkan Switch blower pada lemari asam
  3. Hidupkan lampu penerang yang ada di lemari asam
  4. Jika blower telah hidup, maka mulailah melakukan pekerjaan anda secara hati-hati.

Ketika melakukan pekerjaan turunkan jendela sorong atau slidding window searah bahu penggunaan, hal seperti ini untuk  menghindari percikan-percikan bahan zat kimia ke wajah penugguna. Jika pada saat pekerjaan hendak di tinggal sementara  proses reaksi masih berjalan, maka lakukan dengan menurunkan slidding window dengan bukaan ± 10 cm dari bibir atas meja / top table.Setelah melakukan pekerjaan anda lalu bersihkan meja lemari asam dengan kain kering lalu dibilas dengan kain basah, kemudian di lap lagi hingga kering. Terakhir Matikan Switch lampu lalu Tutup Window dan Tutup Slidding window.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *