Kalibrasi Water Bath – Waterbath adalah suatu alat yang memanfaatkan heater sebagai komponen utamanya dan termostat sebagai komponen utama kontrol sistemnya. Digunakan untuk keperluan inkubasi dan lain-lain, fungsi lainnya adalah untuk memanaskan air yang berguna untuk menjaga kestabilan suhu dari cairan yang ada pada sebuah alat gelas dan semisalnya, dimana alat ini tidak di lengkapi dengan fuse sehingga kurang aman. Prinsip dari waterbath adalah Pada saat saklar digeser pada posisi on, maka arus listrik dari sumber akan memberi suplly listrik pada heater. Heater yang diberi arus listrik memberikan panas pada alat, suhu semain tinggi , dan berhenti naik sampai suhu yang diinginkan. Sensor thermostat yang ditempatkan di daerah pemanasan pada waterbath akan ikut menjadi panas dan memuaikan cairan dalam sensor tersebut. Pada derajat suhu tertentu, dimana pemuaian dari cairan sensor cukup tinggi, maka bertambahnya volume cairan sensor ini akan memberikan tekanan pada kontaktor thermostat sehingga kontaktor terbuka. Dengan terbukanya kontaktor thermostat, heater tidak mendapatkan suplly arus. Suhu berangsur-angsur turun, tekanan pada sensor thermostat kembali turun sehingga kontaktor kembali tertutup.

Water bath sebagai media pemanas digunakan air suling (jangan menggunakan air sumur, karena menyebabkan korosi), selesai digunakan ( jika menggunakan listrik ) matikan arus listrik dan dicabut dari arus listrik, jika hendak disimpan air ( media pemanas ) dikosongkan. Untuk perawatan, bersihkan alat hanya dengan lap bersih yang dibasahi air kemudian lap dengan kain kering setiap selesai menggunakan alat, box kontrol jangan sampai tersiram atau kemasukkan air karena dapat berakibat tersengat tegangan listrik ( berbahaya ) atau alat akan menjadi rusak,, cara rutin air dapat diganti atau ditambahi +/-2 bulan sekali. Untuk mengkalibrasinya paling tidak dilakukan dua kali per tahun (2x/tahun), termometer waterbath harus dicek oleh petugas yang bertanggung jawab untuk hal ini atau  seseorang yang diberi tugas oleh kepala laboratorium, dengan menggunakan termometer terkalibrasi. Interval uji penyimpanan (deviasi) harus didokumentasikan/dicatat pada buku peralatan. Bila alat teroperasi tanpa mengindahkan suhu  yang diinginkan, prosedur ini tidak perlu dilakukan, alat harus diberi label yang sesuai untuk ini. Dalam kasus terjadinya penyimpangan lebih tinggi atau lebih rendah +/- 50C, yang ditunjukkan oleh termometer pada alat, harus ditentukan faktor koreksi (suhu yang diinginkan/ suhu terukur) dan dicantumkan secara jelas pada alat. Pada kasus lainnya dari deviasi suhu yang diijinkan, harus di dokumentasikan pada buku alat.

Jika anda ada kebutuhan Jasa Kalibrasi Water Bath jangan segan untuk menghubungi kami BMD Laboratory,  Silahkan klik kontak atau hubungi kami di no tlp: 021-7563091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *