Perawatan Alat Oven – Oven merupakan  suatu alat yang mempunyai ruang dan bisa di gunakan untuk memanggang,, ataupun mengeringkan sesuatu terutama makanan. Jenis makanan yang bisa kita masak dengan oven sangatlah banyak dan tidak terbatas contohnya daging, kue, roti ataupun bahan olahan yang lain. Penggunaan oven sangat mudah dan saat ini di pasaran tersedia berbagai jenis oven, dari jenis oven sederhana seperti oven tangkring sampai oven yang mempunyai banyak fungsi pemanasan. Namun untuk penggunaannya sendiri tentu saja harus benar dan tidak asal asalan. Oleh karena itu di butuhkan cara perawatan yang baik dan benar. Proses perawatan dan membersihkan oven baik oven tangkring, atau oven gas, oven listrik ataupun oven microwave semua hampir sama untuk perawatanya. Untuk membersihkan alat oven  tidaklah terlalu rumit , kita bisa menggunakan baking soda dan cuka. Baking soda mempunyai manfaat untuk membersihkan alat oven, untuk membersihkan stainles, alat dapur dan salah satunya untuk membersihkan alat oven. Caranya campur baking soda dengan air dan aduk sampai menjadi pasta. Lapisi seluruh bagian oven dengan pasta ini untuk beberapa saat, kemudian  bersihkan dengan spons hangat dan keringkan.

Cara Perawatan  Pemeliharaan dan hal-hal yang perlu di perhatikan;

  1. Masukkan alat  yang akan dikeringkan, atur dengan rapi lalu tutup pintu dengan rapat.
  2. Hidupkan alat dengan menekan tombol ON,
  3. Setting temperatur suhu dan waktu yang diinginkan : misalnya  suhu 1700C, atur waktu 1 jam.  Bila suhu 1600C, atur waktu 2 jam.  Bila suhu 1500C, atur waktu 2,5 jam.  Bila suhu 1400C, atur waktu 3 jam.
  4. Bila settingan waktu yang telah selesai, pengatur waktu secara otomatis kembali ke nol.
  5. Biarkan alat/objek dingin, lalu keluarkan bahan dan alat yang dikeringkan.
  6. Setelah menggunakan oven bukalah pintunya untuk beberapa saat. janganlah langsung mengelap oven dalam keadaan panas karena selain berbahaya bagi kita juga akan menimbulkan masalah pada oven seperti timbulnya goresan, kerak atau menyebabkan kaca rusak.
  7. Sisa dari masakan kue ataupun bahan minyak mungkin akan membuat oven bau dan kotor. Semprot dengan garam dan cuka lalu panaskan oven selama beberapa menit agar  kerak yang mengering tadi mudah  untuk dibersihkan.
  8. Hubungi pihak service apabila pemanasan dalam alat  oven jadi lebih lambat atau lebih lama, hal ini di sebabkan karena semakin meinipisnya busa peredam panas di dalam oven yang menyebabkan suhu di dalam oven cepat panas.

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *