Gas Kromatografi merupakan sebuah teknik instrumental yang memiliki fungsi memisahkan serta mendeteksi senyawa-senyawa organik yang mudah menguap serta senyawa-senyawa gas anorganik dalam sebuah campuran. Gas Kromtografi Seperti yang kita ketahui bahwa gas kromatografi (GC) dirancang dalam menganalisa gas, namun belakangan atau seiring perkembangan teknologi penggunaan GC ternyata sudah bisa diaplikasikan dalam menganalisa bahan cair serta padat dengan syarat mudah menguap atau bisa dibentuk menjadi uap.

Namun untuk keunggulan serta kekuatan dalam mengalisa dengan teknik GC sangat bergantung pada ketersediaan dari sanyawa standard. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini  banyak menggunakan teknologi kolom serta detektor. Bahkan tidak mungkin jika akan lebih dipermudah lagi sistem kerjanya dengan memadukan atau alat gabungan antara GC serta mass spektrometer by on-line melalui teknologi interfacing yang sering dikenal sebagai GC-MS. Dengan demikian kehandalan dari teknologi  ini adalah mampu meningkatkan daya sensitivitas proses analisis sehingga jangkauan aplikasinya juga makin luas ke berbagai bidang serta jenis analisis.

Dalam realitanya peralatan GC baik itu yang cukup sederhana bahkan sampai dengan yang canggih selalu dilengkapi dengan sistem komputerisasi tidak sedikit dimilki oleh sebuah laboratorium pengujian serta proses yang dimiliki baik oleh pemerintah ataupun yang dikelola oleh swasta. Namun demikian laboratorium baik itu milik pemerintah maupun yang swasta sering kali tidak memberikan hasil yang memadai dikarenakan banyak dari GC dan atau GC-MS yang memiliki kinerja yang kurang optimal dengan kata lain tidak berfungsi dengan baik dan yang paling parahnya peralatan ini rusak karena minimnya proses perawatan.

Perawatan atau pemeliharaan sebuah instrumen  laboratorium memang menjadi sesuatu yang sangat penting mengingat nilai ekonomisnya yang terbilang cukup mahal. Untuk itu perlulah pemeliharaan yang benar-benar optimal . Berikut beberapa langkah yang mungkin bisa diterapkan  dalam proses pemeliharaan terhadap instrumen Gas Kromatografi :

Instrumen perlu diperiksa terlebih jika tidak dipakai secara terus-menerus. Salah satu pemeriksaannya mungkin bisa dilakukan pada kolom guna mengetahui apakah ada lubang besar atau kebocoran akibat sering dipakai. Selain iitu pada sambungan gas kedap perlu dicek apakah tutup tanur tertutup rapat serta memastikan bagian listrik masih bekerja secara optimal dan pastikan detektor terpasang dengan benar.

Selanjutnya kita mulai mengalirkan gas ke kolom dengan cara membuka katup utama pada tangki gas. Namun jika instrumen sudah lebih canggih lagi teknologinya maka aliran gas bisa diatur secara aliran otomatis atau pengendali tekanan. Dalam mendeteksi kebocoran kita bisa menggunakan larutan sabun dan selanjutnya kolom akan dipanaskan sampai suhu awal yang dikehendaki.

Pembahasan terkait dengan Perawatan Gas Kromatografi (Verifikasi, Kalibrasi dan Perawatan) ini tentunya masih panjang penjelasanya, secara aplikasi dikembalikan kepada teknologi yang ada pada masing-masing alat yang banyak beredar di laboratorium tentunya dengan berbagai tipe dan merk dipasaran.

Untuk selanjutnya jika anda membutuhkan Jasa Kalibrasi, Jasa Verifikasi Gas Kromatografi (GC) ataupun Jasa Perbaikan/Justment GC serta Jasa Kalibrasi lainnya anda bisa menghubungi kami untuk informasi lebih lengkapnya. Oleh karena itu silahkan hubungi kontak kami untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *