Centrifuge didefinisikan sebagai sebuah instrumen yang digunakan dalam memutar sampel dengan kecepatan tinggi sehingga memaksa partikel yang terkumpul di dasar tabung centrifuge. Atau bisa juga disebut sebagai alat untuk memisahkan filtrate dengan substrat. Memisahkan partikel-partikel yang mempunyai berat molekul berbeda. Centrifuge ini memiliki prinsip kerja sedimentasi, yang mana percepatan sentripetal mengakibatkan zat yang lebih padat akan mengendap di dasar tabung. Dengan demikian partikel yang ringan akan cenderung bergerak ke atas atau biasa disebut melayang. Putaran motor listrik pada instrumen ini menghasilkan gaya sentrifugal. Semakin cepat putaran motor maka akan semakin memperbesar gaya sentrifugal yang dihasilkan, begitu juga jika sebaliknya.

Komponen yang terdapat pada centrifuge antara lain :

  1. Motor : sebagaimg11i part utama yang menghasilkan gaya sentrifugal yang didasarkan dari kecepatan perputaran motor centrifuge.
  2. Speed Control : Sama seperti halnya pada alat yang digerakan dengan sistem motorik pasti akan ada sebuah controler yang memiliki fungsi mengatur kecepatan perputaran dari motor. Apabila dalam sebuah centrifuge tidak ada speed control maka motor akan selalu menghasilkan kecepatan perputaran maksimum terus.
  3. Timer : memiliki fungsi dalam mengatur lamanya sistem operasional dari alat
  4. Break system : digunakan dalam pengereman motor agar perutaran motor bisa segera dihentikan.

Sistem operasional kerja alat centrifuge adalah sebagai berikut :

  • Mempersiapkan larutan yang akan kita pisahkan material yang terkandung di dalamnya
  • Menghubungkan centrifuge dengan sumber listrik dan kemudian menyalakan alat tersebut
  • Buka penutup centrifuge dengan press tombol open
  • Taruhlah larutan yang akan kita pisahkan dalam tabung centrifuge. Yang perlu diperhatikan adalah takaran dari larutan yang dimasukan pada setiap tabung centrifuge haruslah sama ukurannya.
  • Masukan tabung centrifuge yang sudah berisi larutan pada lubang centrifuge. Dalam meletakan tabung larutan yang akan dimurnikan, posisikan tabung secara bersilang berlawanan. Akan tetapi hal ini tidak perlu dilakukan jika lubang yang ada pada centrifuge sudah terisi semuanya dengan tabung larutan yang akan dimurnikan.
  • Tutup kembali tutup dari centrifuge, kemudian setting waktu serta kecepatan rotasi perputaran yang diinginkan.
  • Press tombol ON untuk memulai proses pemurnian
  • Tekan tombol open setelah proses pemurnian selesai dan ambil semua larutan yang terdapat di tabung secara berseling berlawanan juga.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *