Seperti kita ketahui bersama, anak timbangan adalah benda/alat ukur massa yang diperuntukan atau dipakai sebagai pelengkap pada alat timbangan yang menentukan hasil penimbang. Secara aplikasi anak timbangan hanya digunakan untuk kalibrasi  timbangan serta proses adjusment pada saat tera timbangan. Utuk persyaratan dari anak timbangan tersebut diatur untuk menjamin tingkat kestabilan misalnya dari material, densitas, bentuk, kualitas permukaan, serta kekuatan mekanis. Prinsip kerja dari kalibrasi anak timbangan adalah membandingkan secara langsung massa konvensional anak timbangan yang kalibrasikan dengan anak timbangan standar dengan menggunakan komparator berupa timbangan itu sendiri. Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan kalibrasi anak timbangan tentunya adalah dengan mengkondisikan lingkungan tentunya dijaga agar tidak terlalu turun naik di suhu 20 derajat celcius dengan kelembapan relatif berkisar antara 45 – 55 % RH. Selain faktor lingkungan tersebut juga perlu diperhatikan dalam memegang anak timbangan sangat disarankan untuk tidak menggunakan tangan langsung, tetapi dengan menggunakan sarung tangan ataupun pinset. Sedangkan hal yang perlu diperhatikan dari timbangan yang berfungsi sebagai komparator tentunya adalah sesuai dengan kaidah Good Weighing Practice (GWP) misalnya buble split yang berada ditengah, jauh dari sumber getar dan lain-lain.

Berdasarkan konsep dan teknil metode kalibrasi anak timbangan di bedakan menjadi 2 bagian yaitu:

  1. Metode perbandingan langsung sarata mutlak untuk metode perbandingan langsung adalah anak timbangan yang dikalibrasi (ATK) dan anak timbangan standar (reprensi) mempunyai masa normal yang sama.
  2. Metode diseminasi pada metode ini satu set anak timbangan dapat dikalibrasi oleh satu buah anak timbangan standar dengan masa normal bisa berbeda.

Untuk anda yang membutuhkan Jasa Kalibrasi Anak Timbangan dan ingin berdiskusi lebih lanjut terkait informasi Jasa Kalibrasi yang kami sediakan silahkan anda hubungi kontak kami disini. Semoga informasi tersebut diatas bermanfaat dan membantu kebutuhan pemahaman anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *