pH Meter adalah alat uji kimia yang berpungsi untuk mengukur pH keasaman dari cairan, meskipun terkadang alat tersebut digunakan untuk mengukur pH suatu zat dan semisalnya.  Untuk mengendalikan jaminan mutu hasil pengujian derajat keasaman yang menggunakan pH Meter maka penting melakukan kalibrasi pH meter secara rutin, setiap kali akan menggunakan. Secara teori pH adalah tingkat keasaman atau tingkat kebasaan suatu zat yang di ukur dengan menggunakan sekala pH antara 0 sampai 14. Dimana sifat asam mempunyai pH antara 0 sampai 7 contohnya jus jeruk mempunyai pH dari 0 sampai 7 dan sipat basah mempunyai nilai dari pH 7 sampai 14. contohnya cairan pemutih mempunyai sipat basa (alkalin ) dengan nilai 7 sampai dengan 14. Sedangkan air murni adalah netral atau mempunyai pH 7. Selain untuk mengukur pH air, keguanaan pH Meter ini juga dapat di gunakan untuk mengukur pH dalam tanah, caranya adalah dengan terlebih dahulu mencampurkan tanah yang akan diukur dengan sejumlah air. Caranya campurkan air dan tanah mengikuti aturan  yang berlaku dengan perbandingan 1:1 atau 1:2,5 atau 1:5. Di bidang ilmu kimia tanah pH yang ideal adalah mendekati ke 7 sehingga unsur senyawa dan basa dapat di serap oleh tanah dengan maksimal.

  • Jika nilai pH = pOH = 7, maka larutan bersifat netral.
  • Jika nilai pH < 7, maka larutan bersifat asam.
  • Jika nilai pH > 7, maka larutan bersifat basa.

prinsip pengukuran pH Meter adalah berdasarkan pada reaksi kimia elektrokimia  yang terjadi antara larutan yang terdapat didalam elektroda gelas yang telah diketahui derajat keasamananya dengan larutan yang terdapat diluar elektroda gelas yang tidak diketahui. Hal ini dikarenakan lapisan tipis dari gelembung kaca akan berinteraksi dengan ion hidrogen yang ukurannya relatif kecil dan aktif, elektroda gelas tersebut akan mengukur potensial elektrokimia dari ion hidrogen atau diistilahkan dengan Potential of  Hydrogen. Untuk melengkapi sirkuit elektrik dibutuhkan suatu elektroda pembanding.

Itulah Sekilas Pembahasan Terkait pH Meter, dan masih banyak kekurangan serta perincian yang lebih jelas terkait dengan hal ini. Jika laboratorium atau alat ukur pengujian derajat keasaman anda membutuhkan Jasa Kalibrasi pH Meter Akreditasi KAN silahkan menghubungi kontak kami, dengan senang hati kami menunggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *