Berpengalaman sebagai perusahaan konsultan di bidang laboratorium dari tahun 2007 dengan pengalaman tenaga ahli yang terlibat minimal 15 tahun di bidang keahliannya masing-masing, dimana team yang terlibat berasal dari lembaga penelitian, laboratorium services, praktisi industri, lembaga pemerintah yang masih aktif ataupun purna bakti dan sebagainya, divisi Lab Services BMD Laboratory saat ini sudah mengembangkan 3 skope bidang yang telah terbukti banyak membantu perindustrian dan laboratorium di Indonesia. Dimana bidang tersebut meliputi:

1. LABORATORIUM KALIBRASI

Jasa laboratorium kalibrasi yang saat ini dalam proses akreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang mencangkup lingkup: Suhu, Massa, Tekanan, Dimensi, Volumetrik, Electrical dan instrumentasi

2. PROVIDER UJI PROFISIENSI

Provider Uji Profisiensi, saat ini kami terus mengembangkan berbagai program yang menjadi kebutuhan laboratorium khususnya yang akan ataupun yang sudah terakreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008, mengingat sebagai bentuk pengendalian mutu (eksternal quality control) salah satunya laboratoriu harus ikut serta dalam program Uji Banding (uji profisiensi). Lingkup ujiprofisiensi yang sudah kami kembangkan yaitu

  1. Uji Profisiensi Pengujian Kimia, selama kami berdiri team kami sudah lebih dari 50 program uji profisiensi yang sudah dikembangkan, dimana khusus untuk komoditi lingkungan tercatat sudah lebih dari 20 program uji profisiensi yang sudah kami selenggarakan hingga tahun 2015. Dengan jumlah participant lebih dari 100 laboratorium untuk seluruh komoditi kimia. Dimana dalam lingkup ini proses akreditasi sedang dalam tahap pengembangan. Namun berbekal pengalaman perusahaan dan tenaga ahli yang terlibat dalam program uji profisiensi yang kami selenggarakan kami menjamin bahwa program UP yang kami selenggarakan sesuai dengan panduan mutu perusahaan yang kami kembangkan dan merujuk kepada standar ISO/IEC 17043. Dalam program ini team kami terdiri dari LIPI , IPB , BPPT , Ex Lemigas , Trakindo dan lain-lain.
  2. Uji Profisiensi Pengujian Kalibrasi.
  3. Uji Profisiensi Pengujian Mikrobiologi, untuk lingkup ini kami bekerja sama dengan IFM Quality Services salah satu provider Proficiency Test yang berasal dari australia dalam menyelenggarakan Program Uji Profisiensi Mikrobiologi khusus di Indonesia. Untuk program Uji Profisiensi Mikrobiologi ini IFM Quality Services telah Ter Akreditasi ISO/IEC 17043 oleh A2LA (American Association for Laboratory Accreditation). Anda bisa melihat status akreditasi tersebut dengan klik disini…  dan status partnership kami klik disini.

3. JASA SAMPLING AIR & MONITORING KUALITAS AIR 

Sebagai salah satu sumber kehidupan manusia, air adalah kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat sehingga perlu dilakukan pengelolaan kualitas air agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan dan lingkungan. Hal tersebut dilakukan terhadap:

  1. Sumber-sumber air yang berasal dari alam: air sumur, air sungai, air danau, air laut dan lain sebagainya
  2. Sumber-sumber air yang berasal dari hasil pengolahan: air minum dalam kemasan (AMDK), air isi ulang, PDAM dan lain sebagainya.

Kegiatan monitoring ini bagi lembaga pemerintah selaku regulasi merupakan program rutin yang dilakukan untuk memonitoring dan mengendalikan sumber-sumber air yang tersedia di alam dan beredar di masyarakat. Sedangkan bagi perindustrian kegiatan Sampling Air dan Monitoring Kualitas Air lingkungan dilakukan untuk memastikan aktifitas perindustrian tidak merusak lingkungan (badan air/sumber air) dan juga dasar dalam penilaian PROPER (Program Peringkat Kinerja Perusahaan). Dimana hal ini sesuai dengan:

  1. Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 13 Tahun 2010 tentang “Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup dan Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup.
  2. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No.01 tahun 2010 tentang “Tata Laksana Pengendalian Pencemaran Air”
  3. Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 07 Tahun 2011 “Tentang Pedoman Pelaksanaan Program ADIPURA”
  4. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2014 “Tentang Kerugian Lingkungan Hidup Akibat Pencemaran dan/atau Kerusakan Lingkungan Hidup” dan lain-lain

BMD Laboratory menyediakan jasa dalam melakukan monitoring kualitas air  dalam bentuk sampling air (pengambilan contoh) sumber air alam dan air yang dikonsumsi masyarakat sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku. Menggunakan metode dan teknik sampling sesuai dengan standar SNI yang berlaku dan dilakukan oleh team teknis yang berpengalaman, kompeten dan tersertifikasi. Dalam program Monitoring Kualitas Air yang kami sediakan, nantinya untuk sample air yang di dapat akan di analisa oleh laboratorium lingkungan rekanan kami yang telah terakreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008 sesuai dengan ruang lingkup yang dibutuhkan pada pengujian.

Lingkup Jasa Yang di Tawarkan

Secara teknis pelaksanaan dalam menjalankan program Jasa Sampling Air dan  Monitoring Kualitas Air kami mengacu kepada standar SNI, US EPA, APHA-AWWA-WWF dan semisalnya yang diakui baik oleh dunia nasional dan internasional. Selanjutnya setelah lingkup program pekerjaan disepakati, BMD Laboratory akan membentuk team lapangan yang berpengalaman dan kompeten dalam melakukan monitoring, adapun program yang dilakukan terdiri dari:

  • Tahap Perencanaan dan Scheduling
  • Tahap Pengambilan Contoh air (sampling) dan pemeriksaan kualitas air di lapangan (Pengujian di Lapangan/Inspeksi)
  • Tahap analisa sampel yang ditelah diambil oleh petugas pengambil contoh BMD Laboratory, dimana sample ini akan dianalisa oleh laboratorium rekanan (partner) yang terakreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008.
  • Tahap Reporting (pelaporan) hasil analisa sample.
  • Tahap diskusi untuk berkonsultasi dan pemberian rekomendasi hasil uji dari sample yang telah di analisa.

Benefit (Manfaat) Dari Jasa Yang di Tawarkan

Berbekal pengalaman sebagai konsultan laboratorium yang memiliki jiwa tulus dan ikhlas melayani sebagai bentuk tanggung jawab dalam memenuhi harapan bersama (sesuai target), kami menjunjung tinggi etika profesi dan kepuasan pelanggan sebagai dasar dalam memberikan pelayanan. Oleh karena itu team kami berkomitmen akan memberikan berbagai solusi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi anda. Di mana manfaat itu diantaranya terdiri dari:

  • Setiap pelanggan akan memperoleh data kualitas air yang akurat dan valid bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah (scientis) dan hukum.
  • Membantu pelanggan dalam melakukan optimalisasi sistem dan proses pengolahan air baik untuk kebutuhan konsumsi dan lingkungan sekitar. Sehingga aman di konsumsi dan tidak merusak lingkungan serta populasi mahluk hidup disekitarnya.
  • Membantu memberikan pengarahan dan pendampingan terhadap perusahaan-perusahaan pengolahan air bersih sehingga produk yang di hasilkan sesuai dengan peruntukanya.
  • Sebagai salah satu solusi pengamanan yang efektif terhadap berbagai macam sumber air baku yang dikelola dan digunakan oleh masyarakat luas, yaitu dari segala bentuk tindakan pencemaran sesuai dengan UU yang berlaku.

Untuk lebih jelasnya seperti apa program 1.) Laboratorium Kalibrasi, 2.) Jasa Provider Uji Profisiensi dan 3.) Jasa Sampling Air dan  Monitoring Kualitas Air yang kami berikan jangan segan untuk menghubungi Contact Kami dengan senang hati kami siap melayani kebutuhan anda.