Dalam pengambilan sampel air limbah ada beberapa parameter yang akan diteliti dan diperiksa dalam sebuah laboratorium. Dari setiap parameter yang akan diperiksa dalam laboratorium memiliki teknik penanganan yang berbeda baik dari segi pengawetan penyimpanan  dan penentuan lama penyimpanan maksmum sampel. Berikut parameter yang menjadi obyek penelitian serta penanganannya:

  • Parameter Asiditas wadah penyimpanan yang baik plastik polietilen dan gelas dengan minimal sample yang diperlukan 100 ml pengawetannya dengan pendinginan dan anjuran dalam menyimpan sample yakni 24 jam. Sementara menurut EPA penyimpanan maksimum adalah 14 hari
  • Alkalinitas : penyimpanannya dengan wadah plastik polietilen dan gelas. Pengawetannya dengan pendinginan dengan anjuran lama penyimpanan maksimal 24 jam / maksimal penyimpanan berdasarkan EPA adalah 14 hari. Minimal jumlah sampel yang diperlukan adalah 200 ml.
  • BOD : Penyimpanan dengan plastik dan gelas dengan minimal sample yang diperlukan yakni 1.000 ml diawetkan dengan cara pendinginan. Dengan lama penyimpanan maksimal yang dianjurkan yakni 6 jam. Sementara penyimpanan maksimal berdasarkan EPA adalah 2 hari
  • Boron : wadah penyimpanan plastik polietilen dengan minimal sample yang diperlukan adalah 100 ml. Pengawetannya adalah dengan menambahkan asam Nitrat HNO3 dengan pH < 2 serta didinginkan. Maksimal penyimpanan yang dianjurkan adalah 28 hari . dan berdasarkan EPA maksimum adalah 6 bulan.
  • Total Organik Karbon : penyimpanan sample dengan gelas dan minimum sample yang diperlukan minimal 100 ml dengan cara pendinginan serta penambahan asam HCl sampai dengan pH < 2. Maksimum penyimpanan yang dianjurkan adalah 7 hari sementara berdasarkan EPA yakni 28 hari.
  • Karbon dioksida : penyimpanan dengan wadah plastik dan gelas dan langsung dianalisa.
  • COD : wadah yang digunakan dalam penyimpanan yakni dengan plastik dan gelas dengan minimal sampel yang diperlukan 100 ml. Analisa dilakukan secepatnya pengawetannya dengan menambahkan asam sulfat H2SO4 serta dalam  kondisi dingin. Maksimal penyimpanan adalah 28 hari.

Diatas hanya beberapa contoh saja parameter yang sering diujikan dalam pengambilan sample air limbah. Masih banyak lainnya parameter yang sering diuji pada sample air limbah. Dan kam informasikan juga jika dari anda membutuhkan Jasa Sampling Air dan Monitoring Lingkungan ataupun Jasa Kalibrasi silahkan menghubungi kami di kontak ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *