Teknik dan Cara Kalibrasi Gelas Ukur – Seperti yang  kita ketahui bahwa kalibrasi merupakan kegiatan yang menghubungkan nilai yang ditunjukan pada instrumen ukur atau nilai yang  terwakili oleh bahan ukur dengan nilai-nilai yang sudah diketahui tingkat kebenarannya (yang berkaitan dengan besaran yang diukur). Kalibrasi biasa dilakukan dengan membandingkan suatu standard yang terhubung dengan standard nasional serta internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi. Kalibrasi pada glassware dapat dilihat dari macam-macam kaca atau gelas yang dapat digunakan untuk membuat alat ukur gelas tersebut yakni.

  • Soft glass atau sodaline glass ( kaca lunak ), direkomendasikan bahwa peralatan volumetrik gelassoda-laime direkalibrasi setelah 5 tahun penggunaan kecuali bila kondisi frosting yang terlihat pada saat kering teramati telah terjadi lebih cepat dari 5 tahun.
  • Barosilicate glass (kaca dengan kualitas), namun untuk gelas barosilikat direkomendasikan rekalibrasi dilakukan setelah 10 tahun penggunaan bagaimanapun sifat tampaknya.

Dalam meminimalisir masalah kita dapat melakukan kalibrasi yakni dengan mengukur volume yang nyata dikeluarkan atau  terkandung dengan menimbang massa air.  Beratnya bisa dilakukan dengan akurasi yang sangat baik dan mengetahui densitas air yang dapat kita hitung volume massa air yang diberikan. Dengan demikian kita dapat menentukan kapasitas pasti dari gelas ukur tersebut. Secara prisnsipil kalibrasi pada glassware dilakukan dengan melakukan bobot suatu volume air destilan yang dikeluarkan oleh alat ukur volume. Selanjutnya bobot ini dibandingkan dengan bobot jenis air pada suhu pengukuran volume tersebut dilakukan, sehingga dapat ditentukan nilai ketepatannya.

Adapun saat kita melakukan proses kalibrasi pada glassware kita perlu memperhatikan beberapa cara berikut ini:

  1. Membersihkan alat gelas yang akan kita kalibrasi dengan mencucinya menggunakan larutan pencuci yang disesuaikan dengan jenis kotoran, selanjutnya glassware dikeringkan
  2. Pada proses penimbangan harus dilakukan dalam waktu singkat (repeatability condition)
  3. Tuangkan larutan aquadest dengan menggunakan bantuan pipet yang bersih juga sampai tanda batas yang diinginkan
  4. Cek volume secermat mungkin untuk menjaga agar tidak terjadi kesalahan paralaks
  5. Lakukan pengukuran suhu kamar ( suhu aquadest akan sama dengan suhu kamar )
  6. Prosedur  penimbangan di atas harus diulangi dengan jumlah pengurangan (n) yang memadai dalam memperoleh ketidakpastian pengukuran yang dikehendaki oleh laboratorium
  7. Terakhir kita gunakan tabel hitungan volume dan berat (bj) aquadest pada berbagai suhu. Dan untuk massa air dapat dikonversi ke volume dengan persamaan = m/d ; dimana V merupakan volume, m merupakan massa air dan d adalah densitas air pada suhu yang diberikan.selanjutnya dicari standard deviasi dan % kesalahan

Adapun kalibrasi diperlukan sangat tergantung pada umur alat ukur, kinerjanya, demikian juga dengan pabrikannya  pun dapat menentukan interval kalibrasi pada alat.

Jika anda ada kebutuhan Jasa Kalibrasi Gelas Ukur jangan segan untuk menghubungi kami. Silahkan klik kontak atau hubungi kami di no tlp: 021-7563091.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *