Teknik Kalibrasi Jangka Sorong  – Jangka sorong merupakan salah satu alat ukur dengan memiliki tingkat ketelitian 0.05 mm dan 0.02 mm. Ukuran ketelitian Jangka Sorong biasanya dituliskan pada alat tersebut, namun ada juga yang tidak dituliskan. Untuk mengetahui berapa ketelitian Jangka Sorong adalah dengan menghitung jumlah strip dari 0 sampai 1 atau dari 1 sampai 2 pada Skala Geser (Caliper). Ada pun Cara mengkalibrasi jangka sorong tidaklah sulit, akan tetapi membutuhkan ketelitian.

  1. Cara Kalibrasi Jangka Sorong :

 

  • Bersihkan jangka sorong dari kotoran yang menempel.
  • Longgarkan baut pengunci jangka sorong.
  • Geser rahang caliper dan rahang geser sehingga saling berhimpit.
  • Lakukan pembacaan kalibrasi seperti berikut ini :
  • Strip Angka nol (0) awal pada Skala Geser tepat segaris strip Angka nol (0) pada Skala Utama.
  • Strip Angka nol (0) akhir pada Skala Geser tepat segaris salah satu strip pada Skala Utama.
  1. Jika kondisi tersebut tidak terpenuhi, maka lakukan hal berikut :
  • Jika pembacaan kalibrasi melebihi nilai seharusnya, yang artinya Strip 0 awal pada Skala Geser melewati Strip 0 pada Skala Utama, solusinya yaitu bersihkan kembali Jangka Sorong terutama dari debu dan karat pada bagian-bagian yang bergeser.
  • Jika pembacaan kalibrasi kurang dari nilai seharusnya, yang artinya Strip 0 awal pada Skala Geser belum mencapai Strip 0 pada Skala Utama, maka lakukanlah pembacaan selisih pergeseran tersebut dengan mencari strip pada Skala Geser yang segaris dengan strip pada Skala Utama. Bacalah selisih pergeseran tersebut dengan hitungan mundur. Yang artinya jika strip pada Skala Geser yang segaris dengan strip pada Skala Utama menampilkan angka 0.85 mm, maka selisih pergeseran tersebut adalah 0.15 mm dari Nilai 0 Skala Utama. Kemudian jika alat tersebut dipakai untuk mengukur, maka hasil pengukuran harus ditambah dengan 0.15 mm.

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *