Teknik Kalibrasi Stopwatch – Stopwatch adalah sebuah alat ukur besaran waktu yang dapat diaktifkan dan dimatikansesuai dengan keperluannya. Stopwatch diaktifkan ketika pengukuran waktu akan dimulai dan pada akhir pengukuran bisa dihentikan (dimatikan). Ketika dihentikan, jarum stopwatch menunjukkan pada monitor waktu sesuai dengan waktu stopwatch diaktifkan, tidak kembali ke nol. Dengan demikian, lama pengukuran dapat dibaca dengan mudah. Jika pengukuran kembali dilakukan, cukup dengan menekan tombol untuk mengembalikan jarum ke posisi nol. Ada beberapa stopwatch, Stopwatch terbagi menjadi dua jenis, yaitu stopwatch jarum atau analog dan stopwatch digital.  Pada stopwatch jarum atau analog, arah atau gerakan jarum panjangnya menyatakan rentang waktu dalam detik. Sedangkan, jarum pendek stopwatch analog menyatakan rentang waktu dalam menit. Pembacaan kedua jarum stopwatch analog ini menunjukkan rentang waktu suatu peristiwa/kejadian. Perbedaannya antara stopwatch jarum/analog dengan stopwatch digital ialah stopwatch digital langsung menggunakan angka-angka yang tertera pada layar monitor stopwatch digital untuk menunjukkan lamanya rentang waktu suatu peristiwa. Stopwatch digital lebih mudah digunakan karena pemakai dapat langsung mengetahui lamanya waktu pengukuran. Selain itu juga, stopwatch digital memiliki tingkat ketelitian yang lebih baik dari pada stopwatch jarum. Stopwatch jarum memiliki tingkat ketelitian mencapai hingga 0,1 sekon, sedangkan untuk stopwatch digital tingkat ketelitiannya mencapai hingga 0,01 sekon

Ada pun cara kerja stopwatch digital dimulai saat tombol dalam keadaan ON arus dari sumber energy (batere) akan mengalir ke komponen-komponen elektronik dalam stopwatch digital. Komponen-komponen elektronik tersebut yang melakukan perhitungan waktu dan menampilkannya dalam monitor dalam bentuk angka digital. Pembacaan hasil pengukuran pada stopwatch digital tidak terlihat turus-turus angka seperti stopwatch analog. Kita hanya melihat angka yang muncul dari layar/monitor yang telah menunjukkan angka pengukuran baik jam, menit, sampai detik.

 

Ada beberapa bagian-bagian dan fungsi dari stopwatch digital ialah  sebagai berikut :

  1. Layar/monitor berfungsi sebagai media penampilan atau pembacaan dari hasil pengukuran secara elektrik berupa angka-angka.
  2. Tombol start/stop untuk memulai pengukuran (tombol start) sedangkan untuk mengakhiri pengukuran (tombol stop).
  3. Untuk tombol kalibrasi/reset sebagai tombol untuk mengkalibrasi ke angka nol.

 

Langkah untuk kalibrasi stopwtch digital cukup dengan menekan tombol kalibrasi/reset maka angka memperlihatkan ke angka nol. Stopwatch digital memiliki tingkat ketelitian yang lebih  sejak perakitan komponen-komponen dalam stopwatch yaitu sebesar 0,01 sekon.

 

*dikutip dari berbagai sumber

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *