Ultrasonic Thickness Gauge atau lebih familiarnya dengan nama alat ukur ketebalan, ultrasonik merupakan alat pengukur ketebalan yang amat canggih. Di samping memakai teknologi gelombang ultrasonic, Alat ukur ketebalan ultrasonik ini mempunyai dua fungsi unit pengukuran ialah mm atau mili meter serta Inci yang bisa Anda ganti sesuai dengan kebutuhan. Alat ukur ketebalan ultrasonik ini bisa mengukur ketebalan benda yang bisa menghantarkan gelombang ultrasonik yang bagus mulai dari ketebalan 1 hingga dengan ketebalan 200mm atau setara dengan 0,05 hingga 8 inch. Alat ukur ketebalan ultrasonik bisa dipergunakan untuk mengukur ketebalan dari banyak bahan, semisal, bahan alumunium, besi cor, baja, kuningan, tembaga merah, seng, polyethylene, kaca karsa, logam dan non-logam serta pada setiap bahan keras. Alat ukur ketebalan ultrasonik bayak dipergunakan hampir di semua jenis industri, yaitu industri bidang peralatan kimia, ketebalan dan korosi bejana tekan, industri minyak, boiler, tangki penyimpanan minyak, pembangkit listrik, mesin manufaktur serta galangan kapal.

ada pun cara menggunakan alat ukur ketebalan ultrasonic

  1. Siapkan alat ukur Thickness meter, cek kondisi alat dan pastikan batrai dalam kondisi baik.
  2. Bersihkan dengan tisu permukaan benda yang akan diukur, pastikan permukaan benda bersih dari kotoran karna akan mengurangi keakuratan hasil pengukuran.
  3. Langkah selanjutnya Oleskan Grease pada permukaan alat (benda )yang akan diukur ketebalannya
  4. Luas permukaan yang dibersihkan dan dioleskan Grease sesuai dengan alat standar thikness gauge.
  5. Langkah selanjutnya hidupkan alat ukur thickness digital tersebut dengan menekan tombolĀ ON.
  6. Sebelum pengukuran, kita harus melakukan verifikasi alat tersebut terlebih dahulu untuk memastikan alat tersebut berfungsi dengan baik.
  7. Teknik melakukan verifikasi alat tersebut ialah, dengan cara mengoleskan sedikit grease pada permukaan alat ukur dan menempelkan Test probe pada permukaan logam bulat yang ada di alat ukur thikness.
  8. Setelah test probe ditempelkan pada permdetik, sampai terlihat pada display layar hasil pegukuran sebesarĀ 4,0mm
  9. Langkah berikutnya tempelkan test probe pada permukaan benda yang akan diukur, yang telah dibersihkan dan diberi grease sebelumnya.
  10. Jika ingin memastiakan pengukuran sudah benar-benar terlaksana pada layar alat ukur akan terlihat simbol pengukuran.
  11. Untuk itu, pada saat pengukuran pastikan simbol pengukuran sudah tampil dilayar monitor agar menandakan pengukuran telah berhasil dengan baik.
  12. Jika simbol pengukuran pada layar tidak tampil, ini menandakan bahwa permukaan yang diukur kurang bersih, ulangi pengukuran dengan membersihkan permukaan benda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *