Teknik Kalibrasi pH Meter

Teknik Kalibrasi pH Meter – pH ialah suatu satuan ukur yang  menguraikan tingkat atau kadar keasaman atau kadar alkali dari suatu larutan. Satuan ukur atau unit pH di ukur dari sekala 0 sampai 14. Pengukuran pH suatu larutan dapat dilakukan dengan beberapa cara atau metode. Yang paling umum saat mengukur pH yaitu dengan pH meter ada juga dengan melakukan titaris cara seperti itu membutuhkan ketelitian dan sangatlah rumit. Untuk mencapai hasil yang sangat memuaskan  pH meter harus dikalibrasi sebelum setiap pengukuran. Untuk penggunaan kalibrasi normal harus dilakukan pada awal setiap hari. Alasan ini dikarnakan bahwa elektroda kaca tidak memberikan direproduksi selama waktu yang cukup lama. Kalibrasi harus dilakukan dengan dua larutan buffer standar yang menjangkau rentang nilai pH yang akan diukur. Untuk tujuan umum buffer pada pH 4 dan pH 10 yang diterima. pH meter  memiliki satu kontrol (kalibrasi) untuk mengatur pembacaan meter sama dengan nilai dari buffer pertama standar dan kontrol kedua (slope) yang digunakan untuk mengatur pembacaan meter dengan nilai buffer kedua. Kontrol ketiga memungkinkan suhu harus ditetapkan. Beberapa meter akan memungkinkan tiga kalibrasi titik dan itu adalah skema yang lebih disukai untuk pekerjaan yang paling akura.

Cara menggunakan pH meter digital

  1. Buka penutup elektroda
  2. Nyalakan alat dengan menggeser tombol on yang ada di bagian atas alat.
  3. Masukan atau Rendam kedalam raluta yang akan di uji tanpa melewati batas ketinggian maksimum perendaman
  4. Aduk perlahan lalu diamkan dan tunggu pembacaan yang di hasilkan hingga stabil
  5. Setelah digunakan, bila elektroda dengan akuades untuk meminimalkan kontaminasi.
  6. Simpan elektroda dalam bebrapa tetes larutan buffer pH yang di isikan di dalam penutup elektroda.
  7. Selalu ganti isi dari penutup setiap kali selesai digunakan.

Ada pun faktor yang mempengaruhi alat ukur haraus di kalibrasi

  1. Alat sudh lama tidak digunakan
  2. Terkontaminasinya alat ukur karna di simpan di sembarang tempat
  3. Ada sedikt kerusakan di bagian LCD pH meter

Cara untuk merawat pH meter digital ialah sebagai beriabkut

  • Sensor harus selalu dalam keadaan lembab dan perhatikan agar lapisan di dalam penutup elektroda tetap basah.
  • Penutup penghubung dapat ditarik hingga 20 kali.
  • Penggantian baterai. Jika kalibrasi tidak dapat dilakukan atau layar tidak memberikan tampilan.
  • Saat penggantian baterai harus dilakukan di daerah yang tidak berbahaya  dengan menggunakan baterai yang sesuai dengan spesifikasi.

 

*dikutip dari beberapa sumber

Teknik Kalibrasi Roll Meter

Teknik Kalibrasi Roll Meter – Roll meter ialah alat ukur panjang yang bisa di gulung, dengan panjang 25 -50 meter. Roll meter ini sering digunakan oleh tukang bangunan atau pengukur lebar jalan. Langkah pemakaianya terbilang cukup mudah yaitu dengan menarik meteran hingga angka pada meteran tersebut menyentuh angka atau objek yang kita inginkan. Roll meter berbentuk pita panjang yang bisa digulung dan ditarik sehingga cukup fleksibel. Untuk unit ukurannya yaitu centimeter/cm serta inchi Untuk ketelitian pengukuran dengan roll meter  hingga 0,5 mm, roll meter ini pada umumnya dibuat dari bahan plasrik atau plat besi tipis. Untuk satuan dalam roll meter adalah mm atau cm, feet atau inch. Roll meter juga memiliki daya muai dan daya regang. Daya muai ialah tingkat pemuaian di karnakan perubahan suhu. Dan daya regang ialah perubahan panjang di sebabkan regangan atau tarikan. Semua daya diatas dapat di pengaruhi oleh jenis roll meter.

Fungsi roll meter  

Untuk mengukur panjang atau jarak .meteran juga berguuna untuk mengukur sudut atau membuat sudut siku siku dan juga dapat di pakai untuk membuat lingkaran. Pada ujung pita dilengkapi dengan pengait dan di beri magnet agar lebih mempermudah ketika melakukan pengukuran agar tidak lepas pada saat pengukuran

Cara kalibrasi roll meter

Cara pengukurannya roll meter tinggal merentangkan meteran ini dari ujung yang satu ke ujung yang berbeda yaknik ke objek yang akan diukur. Akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat alangkah baiknya bila dilakukan oleh dua orang, orang pertama memegang ujung awal meteran dititik yang pertama dan meletakkannya tepat di angka nol pada meteran dan orang yang kedua memegang rol meter menuju ke titik pengukuran lainnya, lalu tarik meteran selurus mungkin dan letakkan meteran di titik yang di tuju dan baca angka pada meteran yang tepat dititik yang dituju. Teknik ini memiliki keterbatasan pada pengontrolan besar sudut yang di dapatkan dari hasil pengukuran dari kedua titik.

Cara merawat alat standar roll meter

  1. Bersihkan roll meter dengan tisu terlebih dahulu sebelum di gunakan, bersihkan bagian yang sekiranya koto dan berdebu.
  2. Simpan roll meter ditempat yang sekiranya aman

 

Teknik Kalibrasi Timbangan Analitik

Teknik Kalibrasi Timbangan Analitik – Timbangan analitik atau timbangan laboratorium adalah timbangan yang biasa dipake untuk menimbang di ruang laboratorium ataupun terutama di gunakan untuk menimbang sesuatu yang bersifat halus dan tidak bisa menggunakan timbangan biasa, biasanya timbangan analitik di mulai dari dua angka di belakang koma sampai lima angka di belakang koma, untuk melakukan kalibrasi timbangan analitik dengan rentang ukur kapasitas sampai dengan 200 gram, ada beberapa perinsip kerja timbngan analitik yaitu alat penghitung satuan masssa suatu benda dengan teknik  digital dan tingkat ketelitian yang cukup  tinggi.  prinsip kerjanya yaitu  dengan penggunnaan sumber tegangan listrik yaitu stavolt dan dilakukan peneraan terlebih dahulu sebelum digunakan kemudian bahan atau pun alat yang mau di timbang di letakan pada neraca lalu dilihat angka yang tertera pada layar.

Langkah langkah dalam melakukan kalibrasi pada timbngan analitik

  1. Tempatkan timbngan pada posisi yang datar dengan dataran yang sempurn tidak boleh miring  .
  2. sebelum di gunakan Bersihkan timbangan analitik terlebih dahulu dengan mengunakan kuas, piringan timbangan analitk dapat di angkat dan dibersihkan seluruhnya pake etanol / alkohol
  3. Tekan tombol on kemudian tunggu hingga muncul angka pada layar.
  4. Hidupkan timbangan terlebih dahulu tunggu sampai 30 menit
  5. Lalu cek timbangan analitik tersebut masih sesuai atau sudah menyimpang dari hasilnya
  6. Sebelum melakukan kalibrasi tekan tombol zero supaya perhitungan lebih akurat.
  7. Ketika prosess kalibrasi dilakukan simpanlah alat alat elektroni seperti handphone dan yang lainnya karna akan menganggu prosess kalibrasi.
  8. Lakukan kalibrasi dan tunggu sampai hasil kalibrasi selesai dan penghitungan timbngan benar benar balance karna perbedaan 1 gram pun akan sangat berpengaruh .
  9. Matikan timbangan dengan menekan tombol off hingga tidak ada angka pada layar
  10. Bersihkan ruangan dalam timbngan analitik dengan menggunakan kuas dan alkohol.

 

 

Teknik Kalibrasi Turbiditymeter

Teknik Kalibrasi Turbiditymeter – Turbiditymeter  merupakan pengukuran optik dari hamburan sinar yang dihasilkan. Hamburan sinar terjadi karena interaksi antara sinar yang diberikan dengan partikel suspensi yang terdispersi dalam larutan. Partikel-partikel suspensi tersebut dapat berupa lempung alga, material organik, mikroorganisme, bahkan molekul besar sekalipun seperti tannin dan lignin. Prinsip umum dari alat Turbiditymeter adalah sinar yang datang untuk  mengenai suatu partikel yang diteruskan dan yang di pantulkan, maka sinar yang diteruskan digunakan untuk dasar pengukuran. Alat ukur akan memancarkan cahaya pada media atau sampel, dan cahaya tersebut akan diserap, dipantulkan atau menembus media tersebut. Cahaya yang menembus media dan diukur dan ditransferkan ke dalam bentuk angka.

Keterangan Bagian-bagian Turbiditymeter :

  1. Standar Angka kekeruhan
  2. Tempat sampel: Untuk meletakkan botol sampel yang berisi sampel
  3. Tombol Zero
  4. Tombol Test
  5. Tombol Kal: Untuk mengakses kalibrasi modus dan tetap aktif selama kalibrasi
  6. Display
  7. Botol Standar
  8. Botol sampel : Untuk meletakkan sampel

Cara Kerja Turbiditymeter

  1. Masukkan Sampel kedalam Botol sambil mendekati garis tera
  2. Botol sampel di lap dengan kain lembut untuk membersihkan
  3. Tekan tombol I/O. Instrument akan terbuka kemudian tempatkan instrument pada suatu permukaan datar (kokoh) dan jangan memegang instrument ketika sedang melakukan pengukuran.
  4. Masukkan cell sampel dalam ruang cell dengan mengorientasikan tanda garis pada bagian dengan ruang cell.
  5. Pilih daerah/rangge secara manual atau otomatis dengan menekan tombol rangge.
  6. Memilih model sinyal rata-rata dengan menekan tombol signal average. Dan monitor akan menunjukan signal average, ketika Instrument sedang menggunakan mode sinyal rata-rata.
  7. Tekan tombol read. lalu Monitor akan memunculkan ntu, kemudian angka turbiditas akan muncul dalam ntu. Catat angka turbiditas setelah symbol lampu padam.

Cara Perawatan Alat Ukur Turbiditymeter

  1. Sebelum alat di pakai terlebih dahulu alat di panaskan selama 30 menit.
  2. Tidak boleh memegang tempat sampel secara langsung, agar tidak ada sidik jari yang menempel.
  3. Gunakan alkohol dan kain halus untuk membersihkan bagian luar kuvet.
  4. Diletakan di tempat yang rata, jangan di letakan di tempat yang miring.
  5. Setiapa hari kalau perlu dibersihkan dari debu dengan menggunakan lap kering

 

*dikutip dari berbagai sumber

Teknik Kalibrasi Mistar Baja

Teknik kalibrasi Mistar Baja – arti kata dari Kalibrasi ialah proses verifikasi bahwa suatu akurasi alat ukur  harus sesuai dengan rancangannya. dengan cara melakukan perbandingkan suatu standar yang terhubung dengan standar nasional maupun internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi. Mistar baja merupakan alat ukur yang terbuat dari baja yang tahan karat. Bentuk permukaan dan dari sisi bagiannya, rata dan halus, dan di atasnya memiliki guratan-guratan ukuran, ada yang satuan inchi, sentimeter dan ada juga yang gabungan antara inchi dan sentimeter/milimeter .

Adapun Fungsi  dari penggunaan mistar baja antara lain:

  1. untuk mengukur lebar
  2. untuk mengukur ketetebalan serta
  3. memeriksa kerataan suatu permukaan benda .
  4. selain itu Mistar baja bisa dipergunakan untuk mengukur dan menentukan batas-batas ukuran.

Berkenaan dengan itu mistar baja (steelrule) bisa dipergunakan untuk mengukur atau menentukan batas-batas ukuran, juga biasa dipergunakan untuk pertolongan menarik garis pada waktu menggambar pada permukaan benda pekerjaan. Setiap menarik. garis hanya dilakukan satu kali Mistar baja juga dapat digunakan untuk mengukur diameter luar secara kasar. Dalam pelaksanaannya harus dibantu dengan menggunakan alat ukur lain seperti jangka bengkok dan bagian diameter dalam diperlukan bantuan jangka kaki. Ketelitiannya adalah ± 0,5 mm. Dalam membaca skala pada mistar, mata harus tegak lurus dengan skala yang akan dibaca. Cara penggunaanya: Rapatkan benda ukur pada landasan tumpuan atau balok landas. Letakkan mistar baja diatas benda ukur, letakkan titik nol atau ujung mistar baja pada balok landas.

Teknik menggunakan kalibrasi

  • Cukup dengan merapatkan benda ukur pada landasan tumpuan / balok landas.
  • Letakkan mistar baja di atas benda ukur, posisikan titik nol di salah satu ujung bend yang ingin di ukur panjangnya.
  • Kemudian baca ukuran panjang benda tersebut.
  • Kemudian Tandai atau catat hasil pegukurannya

Cara Merawat Mistar baja :

  • Bersihkan setelah Penggaris Baja digunakan, caranya dengan basahi dengan oli atau minyak lalu bersihkan dengan kain lap
  • Simpan di tempat yang kering.

 

*dikutip dari berbagai sumber

Butuh Bantuan! Klik disini

Kami siap membantu anda sekarang, silahkan berdiskusi via WA Chat dengan Tim Specialist kami yang available online saat ini. Jika tim sedang sibuk dijaringan masing-masing kirim email ke: [email protected] untuk bantuan cepat melalui Help desk..

Dept. Marketing

Alfiyah Muntazah

Online

Marketing

Ikhfa Agus Riyanti

Online

Marketing

Sulastri - Branch Yogya

Online

Customer Support

Vriska

Online

Dept. Marketing

Siti Rofikoh

Online

Alfiyah Muntazah Dept. Marketing

Saya siap membantu anda sekarang, mari kita berdiskusi.. 00.00

Ikhfa Agus RiyantiMarketing

Yth. Bapak/Ibu, dengan senang hati saya siap membantu 00.00

Sulastri - Branch YogyaMarketing

Monggo.. Wonten ingkang saged kulo rencangi? 00.00

Vriska

Saya siap membantu anda sekarang, mari kita berdiskusi.. 00.00

Siti RofikohDept. Marketing

Saya siap membantu anda sekarang, mari kita berdiskusi.. 00.00