Jasa Sampling Air dan Monitoring Kualitas Air Lingkungan

LATAR BELAKANG

Jasa Sampling Air dan Monitoring Kualitas Air Lingkungan – Sebagai mana udara, tanah, air adalah sebagai salah satu sumber kehidupan manusia, air dengan kehidupan manusia tidak akan pernah bisa dipisahkan dari setiap sisi kehidupan manusia, oleh karena itu air memiliki peran penting dalam setiap sisi kehidupan manusia. Karena air ini penting untuk kehidupan, maka perlu dilakukan pengelolaan kualitas air agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan dan lingkungan. Dimana kegiatan pengelolaan dan monitoring ini dilakukan terhadap berbagai:

  1. Sumber-sumber air yang berasal dari alam: air sumur, air sungai, air danau, air laut dan lain sebagainya
  2. Sumber-sumber air yang berasal dari hasil pengolahan: air minum dalam kemasan (AMDK), air isi ulang, PDAM dan lain sebagainya.

Kegiatan monitoring ini bagi lembaga pemerintah selaku regulasi merupakan program rutin yang dilakukan untuk memonitoring dan mengendalikan sumber-sumber air yang tersedia di alam dan beredar di masyarakat. Sedangkan bagi perindustrian kegiatan Sampling Air dan Monitoring Kualitas Air lingkungan dilakukan untuk memastikan aktifitas perindustrian tidak merusak lingkungan (badan air/sumber air) dan juga dasar dalam penilaian PROPER (Program Peringkat Kinerja Perusahaan). Dimana hal ini sesuai dengan:

  1. Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 13 Tahun 2010 tentang “Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup dan Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup.
  2. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No.01 tahun 2010 tentang “Tata Laksana Pengendalian Pencemaran Air”
  3. Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 07 Tahun 2011 “Tentang Pedoman Pelaksanaan Program ADIPURA”
  4. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2014 “Tentang Kerugian Lingkungan Hidup Akibat Pencemaran dan/atau Kerusakan Lingkungan Hidup” dan lain-lain

BMD Laboratory menyediakan jasa dalam melakukan monitoring kualitas air dalam bentuk sampling air (pengambilan contoh) sumber air alam dan air yang dikonsumsi masyarakat sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku. Menggunakan metode dan teknik sampling sesuai dengan standar SNI yang berlaku dan dilakukan oleh team teknis yang berpengalaman, kompeten dan tersertifikasi. Dalam program Monitoring Kualitas Air yang kami sediakan, nantinya untuk sample air yang di dapat akan di analisa oleh laboratorium lingkungan rekanan kami yang telah terakreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008 sesuai dengan ruang lingkup yang dibutuhkan pada pengujian.

LINGKUP JASA YANG DITAWARKAN

Secara teknis pelaksanaan dalam menjalankan program Jasa Sampling Air dan Monitoring Kualitas Air Lingkungan kami mengacu kepada standar SNI, US EPA, APHA-AWWA-WWF dan semisalnya yang diakui baik oleh dunia nasional dan internasional. Selanjutnya setelah lingkup program pekerjaan disepakati, BMD Laboratory akan membentuk team lapangan yang berpengalaman dan kompeten dalam melakukan monitoring, adapun program yang dilakukan terdiri dari:

  • Tahap Perencanaan dan Scheduling
  • Tahap Pengambilan Contoh air (sampling) dan pemeriksaan kualitas air di lapangan (Pengujian di Lapangan/Inspeksi)
  • Tahap analisa sampel yang ditelah diambil oleh petugas pengambil contoh BMD Laboratory, dimana sample ini akan dianalisa oleh laboratorium rekanan (partner) yang terakreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008.
  • Tahap Reporting (pelaporan) hasil analisa sample.
  • Tahap diskusi untuk berkonsultasi dan pemberian rekomendasi hasil uji dari sample yang telah di analisa.

BENEFIT (MANFAAT) DARI JASA YANG DITAWARKAN 

Berbekal pengalaman sebagai konsultan laboratorium yang memiliki jiwa tulus dan ikhlas melayani sebagai bentuk tanggung jawab dalam memenuhi harapan bersama (sesuai target), kami menjunjung tinggi etika profesi dan kepuasan pelanggan sebagai dasar dalam memberikan pelayanan. Oleh karena itu team kami berkomitmen akan memberikan berbagai solusi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi anda. Di mana manfaat itu diantaranya terdiri dari:

  • Setiap pelanggan akan memperoleh data kualitas air yang akurat dan valid bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah (scientis) dan hukum.
  • Membantu pelanggan dalam melakukan optimalisasi sistem dan proses pengolahan air baik untuk kebutuhan konsumsi dan lingkungan sekitar. Sehingga aman di konsumsi dan tidak merusak lingkungan serta populasi mahluk hidup disekitarnya.
  • Membantu memberikan pengarahan dan pendampingan terhadap perusahaan-perusahaan pengolahan air bersih sehingga produk yang di hasilkan sesuai dengan peruntukanya.
  • Sebagai salah satu solusi pengamanan yang efektif terhadap berbagai macam sumber air baku yang dikelola dan digunakan oleh masyarakat luas, yaitu dari segala bentuk tindakan pencemaran sesuai dengan UU yang berlaku.

Untuk lebih jelasnya seperti apa program 1.) Laboratorium Kalibrasi, 2.) Jasa Provider Uji Profisiensi, 3.Jasa Penjualan Alat-alat Laboratorium dan 4.) Jasa Sampling Air dan  Monitoring Kualitas Air Lingkungan yang kami berikan jangan segan untuk menghubungi Contact Kami dengan senang hati kami siap melayani kebutuhan anda.

Pentingnya Kalibrasi Water Bath

Kalibrasi Water Bath – Waterbath adalah suatu alat yang memanfaatkan heater sebagai komponen utamanya dan termostat sebagai komponen utama kontrol sistemnya. Digunakan untuk keperluan inkubasi dan lain-lain, fungsi lainnya adalah untuk memanaskan air yang berguna untuk menjaga kestabilan suhu dari cairan yang ada pada sebuah alat gelas dan semisalnya, dimana alat ini tidak di lengkapi dengan fuse sehingga kurang aman. Prinsip dari waterbath adalah Pada saat saklar digeser pada posisi on, maka arus listrik dari sumber akan memberi suplly listrik pada heater. Heater yang diberi arus listrik memberikan panas pada alat, suhu semain tinggi , dan berhenti naik sampai suhu yang diinginkan. Sensor thermostat yang ditempatkan di daerah pemanasan pada waterbath akan ikut menjadi panas dan memuaikan cairan dalam sensor tersebut. Pada derajat suhu tertentu, dimana pemuaian dari cairan sensor cukup tinggi, maka bertambahnya volume cairan sensor ini akan memberikan tekanan pada kontaktor thermostat sehingga kontaktor terbuka. Dengan terbukanya kontaktor thermostat, heater tidak mendapatkan suplly arus. Suhu berangsur-angsur turun, tekanan pada sensor thermostat kembali turun sehingga kontaktor kembali tertutup.

Water bath sebagai media pemanas digunakan air suling (jangan menggunakan air sumur, karena menyebabkan korosi), selesai digunakan ( jika menggunakan listrik ) matikan arus listrik dan dicabut dari arus listrik, jika hendak disimpan air ( media pemanas ) dikosongkan. Untuk perawatan, bersihkan alat hanya dengan lap bersih yang dibasahi air kemudian lap dengan kain kering setiap selesai menggunakan alat, box kontrol jangan sampai tersiram atau kemasukkan air karena dapat berakibat tersengat tegangan listrik ( berbahaya ) atau alat akan menjadi rusak,, cara rutin air dapat diganti atau ditambahi +/-2 bulan sekali. Untuk mengkalibrasinya paling tidak dilakukan dua kali per tahun (2x/tahun), termometer waterbath harus dicek oleh petugas yang bertanggung jawab untuk hal ini atau  seseorang yang diberi tugas oleh kepala laboratorium, dengan menggunakan termometer terkalibrasi. Interval uji penyimpanan (deviasi) harus didokumentasikan/dicatat pada buku peralatan. Bila alat teroperasi tanpa mengindahkan suhu  yang diinginkan, prosedur ini tidak perlu dilakukan, alat harus diberi label yang sesuai untuk ini. Dalam kasus terjadinya penyimpangan lebih tinggi atau lebih rendah +/- 50C, yang ditunjukkan oleh termometer pada alat, harus ditentukan faktor koreksi (suhu yang diinginkan/ suhu terukur) dan dicantumkan secara jelas pada alat. Pada kasus lainnya dari deviasi suhu yang diijinkan, harus di dokumentasikan pada buku alat.

Jika anda ada kebutuhan Jasa Kalibrasi Water Bath jangan segan untuk menghubungi kami BMD Laboratory,  Silahkan klik kontak atau hubungi kami di no tlp: 021-7563091.

Cara dan Teknik Kalibrasi Timbangan Neraca (Massa)

Cara dan Teknik Kalibrasi Timbangan Neraca (Massa) – Seperti yang kita ketahui kalibrasi merupakan suatu proses verifikasi yang  menerangkan bahwa suatu akurasi alat ukur sesuai  dengan  rancangannya. Biasanya dilakukan dengan membandingkan suatu standard yang terhubung dalam standard nasional maupun internasional serta baan-bahan acuan yang tersertifikasi. Dalam sistem manajemen mutu membutuhkan sistem pengukuran yang efektif, termasuk di dalamnya kalibrasi formal, periodik dan terkdokumentasi  dari semua perangkat atau instrumen pengukuran. Sesuai standard ISO 9001 serta ISO 17025 memerlukan kalibrasi yang efektif. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap instrumen  khususnya  pada timbangan perlu dikalibrasi ketika :

  • Instrumen timbangan meruoakan perangkat baru
  • Suatu perangkat setiap waktu penggunaan
  • Ketika perangkat timbangan mengalami tumbukan atau getaran yang berpotensi mengubah kalibrasi
  • Dan ketika hasil observasi dipertanyakan

Proses kalibrasi pada timbangan  disesuaikan dengan jenis dari timbangan yang akan digunakan. Lebih jelasnya kita dapat klasifikasikan kalibrasi pada timbangan atau neraca:

1. Kalibrasi pada Timbangan Analitik ( Analitycal Balance)

Proses mengkalibrasinya yakni pada anak timbangan standard yang bersertifikat kelas M, yang memperlihatkan nilai nominal setiap anak timbangan , standard deviasi serta nilai normalnya. Berikut langkah yang dilakukan dalam mengkalibrasi anak timbangan (analiytical balance)

  • Memeriksa titik nol, jarum penunjuk angka harus menunjukan angka nol
  • Menaruh anak timbangan standard yang teringan di sebelah kiri dan anak timbangan yang dipakai sehari-hari di sebelah kanan
  • Selanjutnya baca dan catat hasilnya
  • Ulangi penimbangan dengan anak timbangan standard yang lebih berat
  • Anak timbangan dianggap masih tepat bila berat yang ditunjukan oleh anak timbangan tidak menyimpang lebih besar dari 0,1 % dari berat masing-masing anak timbangan standard

2. Kalibrasi Pada Timbangan Elektrik (electrical Balance)

Proses kalibrasi neraca bisa dilakukan setiap hari menggunakan anak timbangan standard yang memiliki  sertifikat S Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Melakukan penimbangan anak timbangan standard S
  • Mencatat hasil penimbangan
  • Mengulanginya sampai 5 kali penimbangan
  • Kemudian menghitung nilai rata-rata
  • Toleransi perbedaan yang masih dapat diterima adalah sebagai berikut :
  • Anak timbangan berbobot 1-5 mg ± 0,014 mg
  • Anaka timbangan berbobot 100-500 mg ±0,025 mg
  • Anak timbangan berbobot 1-5 g ± 0,054 mg

Jika anda ada kebutuhan Jasa Kalibrasi Timbangan (Neraca) jangan segan untuk menghubungi kami. Silahkan klik kontak atau hubungi kami di no tlp: 021-7563091.

Memahami Apa Itu Validasi Serta Kalibrasi

Dalam melakukan riset baik itu dalam bidang kimia farmasi dan pangan pastinya memiliki tujuan yang pada prinsipnya adalah mencari nilai sebenarnya dalam suatu parameter kimiawi. Nilai sebenarnya merupakan nilai yang mengkarakterisasi suatu kuantitas secara benar dan terdefinisikan pada kondisi tertentu yang eksis pada kuantitas tersebut diukur. Sementara beberapa contoh paramater yang dapat ditentukan secara analitik seperti konsentrasi, pH, suhum titik didih, kecepatan reaksi, dan lain-lain. Seperti pada bisanya dalam suatu pengamatan eksperimen secara umum, hasilnya diperoleh tentunya tidak lepas dari faktor kesalahan. Nilai parameter sebenarnya yang akan ditentukan dalam suatu perhitungan analitik tersebut merupakan  suatu ukuran yang ideal. Nilai ideal yang dimaksud hanya bisa diperoleh jika semua  penyebab kesalahan pengukuran dihilangkan dan jumlah populasi tidak terbatas. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan kesalahan dalam pengukuran antara lain : bahan kimia, peralatan, pemakai dan kondisi pengukuran serta beberapa faktor lainnya.Nah salah satu cara untuk mengurangi kesalahan dalam pengukuran analitik adalah dengan proses kalibrasi.

Pada hakikatnya validasi merupakan suatu konfirmasi pengujian dan pengadaan bukti yang obyektif bahwa persyaratan tertentu untuk suatu maksud khusus dipenuhi validasi terdiri dari beberapa langkah nyata yakni : validasi perangkat lunak, validasi perangkat keras, validasi metode, serta kesesuaian sistem.

Sementara itu kalibrasi merupakan proses verifikasi bahwa suatu akurasi alat ukur sesuai dengan rancangannya. Kalibrasi biasanya dilakukan dengan cara membandingkan suatu standard yang tertelusur ke standard nasional maupun internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi. Pada dasarnya Sistem Manajemen kualitas memerlukan sistem pengukuran yang efektif  dan termasuk didalamnya yakni kalibrasi formal, periodik dan terdokumentasi untuk semua perangkat pengukuran.

Sementara itu kita juga perlu mengetahui apa itu verifikasi, karena dalam sebuah riset nantinya juga perlu adanya verifikasi. Verifikasi merupakan suatu uji kinerja metode yang standard. Verifikasi ini merupakan suatu metode yang standard yang bermaksud dalam membuktikan bahwa dalam sebuah laboratorium memiliki data kinerja . Hal ini dikarenakan setiap laboratorium memiliki kondisi serta kompetensi personal yang berbeda pula. Adapun dalam melakukan proses verifikasi perlu memperhatikan metode tersebut apakah sudah presisi maupun akurat.

Teknik dan Cara Kalibrasi Gelas Ukur

Teknik dan Cara Kalibrasi Gelas Ukur – Seperti yang  kita ketahui bahwa kalibrasi merupakan kegiatan yang menghubungkan nilai yang ditunjukan pada instrumen ukur atau nilai yang  terwakili oleh bahan ukur dengan nilai-nilai yang sudah diketahui tingkat kebenarannya (yang berkaitan dengan besaran yang diukur). Kalibrasi biasa dilakukan dengan membandingkan suatu standard yang terhubung dengan standard nasional serta internasional dan bahan-bahan acuan tersertifikasi. Kalibrasi pada glassware dapat dilihat dari macam-macam kaca atau gelas yang dapat digunakan untuk membuat alat ukur gelas tersebut yakni.

  • Soft glass atau sodaline glass ( kaca lunak ), direkomendasikan bahwa peralatan volumetrik gelassoda-laime direkalibrasi setelah 5 tahun penggunaan kecuali bila kondisi frosting yang terlihat pada saat kering teramati telah terjadi lebih cepat dari 5 tahun.
  • Barosilicate glass (kaca dengan kualitas), namun untuk gelas barosilikat direkomendasikan rekalibrasi dilakukan setelah 10 tahun penggunaan bagaimanapun sifat tampaknya.

Dalam meminimalisir masalah kita dapat melakukan kalibrasi yakni dengan mengukur volume yang nyata dikeluarkan atau  terkandung dengan menimbang massa air.  Beratnya bisa dilakukan dengan akurasi yang sangat baik dan mengetahui densitas air yang dapat kita hitung volume massa air yang diberikan. Dengan demikian kita dapat menentukan kapasitas pasti dari gelas ukur tersebut. Secara prisnsipil kalibrasi pada glassware dilakukan dengan melakukan bobot suatu volume air destilan yang dikeluarkan oleh alat ukur volume. Selanjutnya bobot ini dibandingkan dengan bobot jenis air pada suhu pengukuran volume tersebut dilakukan, sehingga dapat ditentukan nilai ketepatannya.

Adapun saat kita melakukan proses kalibrasi pada glassware kita perlu memperhatikan beberapa cara berikut ini:

  1. Membersihkan alat gelas yang akan kita kalibrasi dengan mencucinya menggunakan larutan pencuci yang disesuaikan dengan jenis kotoran, selanjutnya glassware dikeringkan
  2. Pada proses penimbangan harus dilakukan dalam waktu singkat (repeatability condition)
  3. Tuangkan larutan aquadest dengan menggunakan bantuan pipet yang bersih juga sampai tanda batas yang diinginkan
  4. Cek volume secermat mungkin untuk menjaga agar tidak terjadi kesalahan paralaks
  5. Lakukan pengukuran suhu kamar ( suhu aquadest akan sama dengan suhu kamar )
  6. Prosedur  penimbangan di atas harus diulangi dengan jumlah pengurangan (n) yang memadai dalam memperoleh ketidakpastian pengukuran yang dikehendaki oleh laboratorium
  7. Terakhir kita gunakan tabel hitungan volume dan berat (bj) aquadest pada berbagai suhu. Dan untuk massa air dapat dikonversi ke volume dengan persamaan = m/d ; dimana V merupakan volume, m merupakan massa air dan d adalah densitas air pada suhu yang diberikan.selanjutnya dicari standard deviasi dan % kesalahan

Adapun kalibrasi diperlukan sangat tergantung pada umur alat ukur, kinerjanya, demikian juga dengan pabrikannya  pun dapat menentukan interval kalibrasi pada alat.

Jika anda ada kebutuhan Jasa Kalibrasi Gelas Ukur jangan segan untuk menghubungi kami. Silahkan klik kontak atau hubungi kami di no tlp: 021-7563091.

Butuh Bantuan! Klik disini

Kami siap membantu anda sekarang, silahkan berdiskusi via WA Chat dengan Tim Specialist kami yang available online saat ini. Jika tim sedang sibuk dijaringan masing-masing kirim email ke: [email protected] untuk bantuan cepat melalui Help desk..

Dept. Marketing

Alfiyah Muntazah

Online

Marketing

Ikhfa Agus Riyanti

Online

Marketing

Sulastri - Branch Yogya

Online

Customer Support

Vriska

Online

Dept. Marketing

Siti Rofikoh

Online

Alfiyah Muntazah Dept. Marketing

Saya siap membantu anda sekarang, mari kita berdiskusi.. 00.00

Ikhfa Agus RiyantiMarketing

Yth. Bapak/Ibu, dengan senang hati saya siap membantu 00.00

Sulastri - Branch YogyaMarketing

Monggo.. Wonten ingkang saged kulo rencangi? 00.00

Vriska

Saya siap membantu anda sekarang, mari kita berdiskusi.. 00.00

Siti RofikohDept. Marketing

Saya siap membantu anda sekarang, mari kita berdiskusi.. 00.00