Kalibrasi Turbidity

Dalam ruang lingkup kimia sering kali dilakukan atau menganalisa suatu zat yang biasanya sering dijumpai dalam kehidupan sehari – hari. Zat – zat tersebut terbagi menjadi beberapa wujud ada yang cair, padat dan adapula berupa gas. Semua wujud dari zat – zat tersebut tentulah terdapat unsur – unsur di dalam nya yang berupa senyawa – senyawa kimia.  Pada saat seorang analisis melakukan analisa terhadap suatu wujud zat biasa mereka menggunakan alat alat khusus kimia yang biasa digunakan untuk menganalisa. Salah satu contoh alat kimia yang digunakan untuk menganalisa yaitu alat turbidity. Turbidity adalah suatu alat ukur yang digunakan untuk mengukur tingkat kekeruhan dalam suatu zat yang berupa wujud dari zat cair. Biasa di dalam industri dan laboratorium ketika akan menggunakan alat ukur, maka alat ukur tersebut harus dikalibrasi. Apakah yang dimaksud dengan kalibrasi ?

Kalibrasi adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam kondisi yang ditentukan sesuai dengan persyaratan , dan bertujuan untuk mencari hubungan antara nilai kuantitatif yang ditunjukan oleh alat ukur atau sistem pengukuran dengan nilai standar acuan atau  mencari nilai koreksi ( VIM6.1 1 ).

Definisi lain dari kalibrasi yaitu serangkaian kegiatan untuk menentukan kebenaran yang ditunjukan oleh alat ukur atau sistem pengukuran dengan cara membandingkan nilai pembacaan terhadap standar ukur yang tertelusur ke standar nasional maupun internasional.

Tujuan dan manfaat kalibrasi yaitu :

  • Menetapkan nilai ukur yang benar dengan mengetahui penyimpangan alat ukur terhadap kebenaran konvensional.
  • Menjamin hasil – hasil pengukuran sesuai dengan standar nasional maupun internasional.
  • Menunjukan bukti ketelusuran
  • Memenuhi persyaratan peraturan tentang keselamatan kerja dan lingkungan ( Safety and environmental regulations )
  • Memenuhi persyaratan ISO, manajement mutu, atau regulasi yang ada
  • Mengetahui kehandalan alat