Pengaruh Suhu dan Kelembaban Pada Saat Kalibrasi Alat Ukur

Pengaruh Suhu dan Kelembaban Pada Saat Kalibrasi Alat Ukur

 

Apa pengertian Kalibrasi ? Menurut ISO/IEC Guide 17025:2005 dan Vocabulary of Internasional Metrology ( VIM ) adalah serangkaian kegiatan yang membentuk hubungan antara nilai yang ditunjukan oleh instrument ukur dengan system pengukuran, atau nilai yang diwakili oleh bahan ukur dengan nilai – nilai yang sudah diketahui yang berkaitan dengan besaran yang diukur dalam kondisi tertentu.

Selain itu kalibrasi juga merupakan kegiatan untuk menentukan kebenaran konvensional nilai penunjukkan alat ukur dan bahan ukur dengan cara membandingkan terhadap standar ukur yang bisa ditelusuri ke standar nasional maupun internasional untuk satuan ukuran dan/atau internasional dan bahan – bahan acuan tersertifikasi atau dapat juga diartikan kalibrasi adalah mencari nilai koreksi dari suatu alat ukur untuk dijadikan acuan yang bertujuan untuk menentukan deviasi (penyimpangan) kebenaran nilai konvensional penunjukan suatu alat ukur. Menjamin hasil-hasil pengukuran sesuai dengan standar Nasional maupun Internasional.

Dalam proses kalibrasi ada beberapa faktor yang mempengaruhi, faktor yang sangat penting mempengaruhi proses kalibrasi yaitu suhu dan kelembaban. Suhu dan kelembaban dapat memberikan efek terhadap data hasil kalibrasi. Oleh karena itu, setiap kali seorang teknisi melakukan kalibrasi maka mereka selalu membawa alat pengukur suhu dan kelembaban pada saat mereka melakukan kalibrasi.

Alat yang biasa digunakan untuk pengukuran suhu dan kelembaban yaitu Thermohygrometer. Tak hanya untuk kalibrasi alat ini juga biasa digukan oleh perusahaan industri atau pun laboratorium dalam proses kegiatan yang mereka lakukan.

Didalam kalibrasi tentulah terdapat standar penggunaan suhu dan kelembaban dalam ruangan, standar tersebut merupakan standar yang telah ditetapkan oleh Komite Akreditasi Nasional ( KAN ). Komite Akreditasi Nasional ( KAN ) merupakan lembaga non struktural yang berada di bawah Presiden dan bertanggung jawab kepada Presiden. Komite Akreditasi nasional ( KAN ) adalah satu – satunya lembaga yang diberi otoritas untuk menyediakan jasa layanan akreditasi, lembaga penilaian kesesuaian ( laboratorium, lembaga insfeksi, dan lembaga sertifikasi ) di Indonesia.

Untuk Informasi lebih jelas silakan hubungi kontak kami BMD Laboratory  di Email: [email protected] atau telpon: 081320002848 BMD Building Centre Jl. Raya Serpong Batan Indah, Blok F, No. 90 Tangerang Selatan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan! Klik disini

Kami siap membantu anda sekarang, silahkan berdiskusi via WA Chat dengan Tim Specialist kami yang available online saat ini. Jika tim sedang sibuk dijaringan masing-masing kirim email ke: [email protected] untuk bantuan cepat melalui Help desk..

Dept. Marketing

Alfiyah Muntazah

Online

Marketing

Ikhfa Agus Riyanti

Online

Marketing

Sulastri - Branch Yogya

Online

Customer Support

Ikhfa Agus Riyanti

Online

Dept. Marketing

Siti Rofikoh

Online

Alfiyah Muntazah Dept. Marketing

Saya siap membantu anda sekarang, mari kita berdiskusi.. 00.00

Ikhfa Agus RiyantiMarketing

Yth. Bapak/Ibu, dengan senang hati saya siap membantu 00.00

Sulastri - Branch YogyaMarketing

Monggo.. Wonten ingkang saged kulo rencangi? 00.00

Ikhfa Agus Riyanti

Saya siap membantu anda sekarang, mari kita berdiskusi.. 00.00

Siti RofikohDept. Marketing

Saya siap membantu anda sekarang, mari kita berdiskusi.. 00.00