Thermometer Infrared adalah alat ukur yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi alat ukur secara optic-selama objek diamati, radiasi energi sinar infra merah diukur dan disajikan sebagai suhu. Termometer jenis ini dibuat dengan teknologi energi infra merah yang mampu mendeteksi temperature secara optik selama objek diamati.

Thermometer Infrared digunakan untuk beberapa fungsi pengamatan temperature, diantara lain:

  • Mendeteksi awan untuk sistim operasi teleskop jarak jauh
  • Memeriksa suhu pemanas seperti oven
  • Memeriksa titik api untuk pemadam kebakaran
  • Memeriksa ac
  • Mendeteksi suhu tubuh Manusia
  • Untuk penelitian dan pengembangan atau quality control pada manufactur

Penggunaan Thermometer infarared industri dan Medis berbeda, untuk industri biasanya untuk mengukur suhu pada benda atau alat alat manufactur dan memiliki lokasi yang sangat jauh juga bahaya sedangkan untuk medis bisa digunakan dengan jarak yang tidak terlalu jauh dan diperuntukkan untuk keperluan medis mengukur suhu tubuh badan.

Walaupun prinsipnya sama-sama mengukur suhu tapi ada perbedaan yang cukup signifikan yaitu dalam range thermometer dan tingkat keakuratannya, untuk range thermometer industri biasanya berkisar 1,5 C sedangkan untuk medis lebih tinggi hingga 0.2 C.

Selain itu range suhu antara industry dan medis juga berbeda jika thermometer badan bisa membaca di range suhu 32 s/d 42 C sedangkan untuk insdustri bisa membaca -50 s/d 1000 C bahkan lebih. Hal ini lah yang membuat Thermometer industri kurang akurat jika dipakai untuk mengukur suhu tubuh. Yang membedakan infrared industry dengan medis bisa juga dilihat dari warna thermometernya biasanya untuk medis dijual dengan variasi terbatas, umumnya putih sedangkan untuk industri memiliki variasi warna yang lebih beragam.