Apakah Tensimeter?
Tensimeter atau Sphygmomanometer merupakan alat untuk mengukur tekanan darah.
Terdiri dari 2 bagian:

  • Manset: lembaran seperti kain yang bisa mengembang posisinya melingkar di lengan atau di bagian lain dari tangan.
  • Komponen pengukur, bisa 2 macam:
    • –  Manual: air raksa dan aneroid (menggunakan jarum mekanik)
    • –  Elektronik atau lebih sering disebut digital.

 

  • Tensimeter manual digunakan bersama stetoskop yang fungsinya untuk mendengarkan detak jantung. Metode ini dinamakan metode suara Korotkoff yang bergantung pada stetoskop untuk mendengarkan suara aliran darah intravaskular.
  • Tensimeter digital menerapkan metode oscillometric dimana fungsi stetoskop digantikan dengan sensor yang mengukur getaran terhadap dinding pembuluh darah saat darah mengalir.

Pada hasil tensimeter manual biasanya akan dirasakan sedikit berbeda karena saat mendengarkan melalui stetoskop tergantung response orang yang mengukur saat melihat angka pengukur di skala ukuran air raksa atau mekanik jarum, misalnya, 128mmHg dan 132mmHg kemungkinan akan dibaca dibulatkan sebagai 130mmHg.
Sedangkan tensimeter digital seperti misalnya Omron mempunyai akurasi pengukuran pabrik adalah ± 3mmHg dan ± 5% dari pembacaan denyut nadi.

 

 

Kami BMD Laboratory adalah Lembaga Kalibrasi yang telah tersetifikasi KAN yang bisa mengkalibrasi Tensi Meter

 

 

Silahkan kirim email ke: [email protected] atau hubungi tim kami di no.tlp: 021-29432095 untuk mendapatkan penawaran terbaik/konsultasi sekitar Jasa Kalibrasi Tensi Meter yang kami sediakan.

 

Tags: BMD Laboratory

Kalibrasi Tensi Meter