Cara Kerja Nitrogen Destilasi

Cara Kerja Nitrogen Destilasi

 

Pendahuluan 

Abstrak. Telah dilakukan Praktikum Mengenai pendestilasian larutan menggunakan alat Nitrogen Destilation, pengukuran ini adalah pengukuran tunggal dan pengukuran berulang yang bertujuan untuk mengetahui dan memastikan jumlah larutan sample yang keluar dari alat tersebut. Praktikum ini dilakukan dengan mengamati dari setiap langkah, dimulai dari memasukan sample yang dicampur dengan larutan NaOh kedalam wadah sebanyak ± 25 ml, setelah itu taruh wadah yang berisi larutan NaOh tepat dibawah selang penyedot dari alat tersebut, sambungkan selang yang terhubung kedalam drigen yang berisi larutan Alkali, kemudian waktu diatur selama 4 menit dan dipanaskan pada suhu 50 ºC. Tunggu hingga semua larutan bereaksi selama 4 menit, dan tunggu larutan sample yang sudah dicampur dengan NaOh dan Alkali keluar. Setelah larutan sample keluar, kemudian dimasukan kedalam gelas ukur yang berukuran 10 ml sebanyak 2 gelas ukur, dan lihat perbedaan dari keduanya.

Penjelasan. Destilasi adalah cara pemisahan zat cair dari campurannya berdasarkan perbedaan titik didih atau berdasarkan kemampuan zat untuk menguap. Dimana zaqt cai dinpanaskan hingga titik didihnya, serta mengalirkan uap kedalam alat pendingin (kondensor) dan mengumpulakna hasil pengembunan sebagai zat cair. Pada kondensor digunakan air yang mengalir sebagai pendingin. Air pada kondensor dialirkan dari bawah keatas, hal ini bertujuan supaya air tersebut dapat mengisi seluruh pada bagian kondesor sehingga akan dihasilkan proses pendinginan yang sempurna. Saat suhu dipanaskan cairan yang titik didihnya lebih rendah akan menguap terlebih dahulu. Uap ini akan dialirkan dan kemudian akan didinginkan sehingga kembali menjadi cairan yang ditampung pada wadah terpisah. Zat yang titik didihnya lebih tinggi masih tertinggal pada wadah semula. Prinsip dari destilasi adalah penguapan dan pengembunan kembali uapnya dari tekanan dan suhu tertentu. Tujuan dari destilasi adalah pemurnian zat cair pada titik didihnya dan memisahkan cairan dari zat padat. Uap yang dikeluarkan dari campuran disebut sebagai uap bebas. Kondensat yang jatuh sebagai destilat dan bagian cair yang tidak menguap sebagai residu. Apabila yang diinginkan adalah bagian bagian campurannya yang tidak teruapkan dan bukan destilatnya maka proses tersebut dinamakan pengentalan dengan evaporasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan! Klik disini

Kami siap membantu anda sekarang, silahkan berdiskusi via WA Chat dengan Tim Specialist kami yang available online saat ini. Jika tim sedang sibuk dijaringan masing-masing kirim email ke: [email protected] untuk bantuan cepat melalui Help desk..

Dept. Marketing

Alfiyah Muntazah

Online

Marketing

Ikhfa Agus Riyanti

Online

Marketing

Sulastri - Branch Yogya

Online

Customer Support

Ikhfa Agus Riyanti

Online

Dept. Marketing

Siti Rofikoh

Online

Alfiyah Muntazah Dept. Marketing

Saya siap membantu anda sekarang, mari kita berdiskusi.. 00.00

Ikhfa Agus RiyantiMarketing

Yth. Bapak/Ibu, dengan senang hati saya siap membantu 00.00

Sulastri - Branch YogyaMarketing

Monggo.. Wonten ingkang saged kulo rencangi? 00.00

Ikhfa Agus Riyanti

Saya siap membantu anda sekarang, mari kita berdiskusi.. 00.00

Siti RofikohDept. Marketing

Saya siap membantu anda sekarang, mari kita berdiskusi.. 00.00