KALIBRASI TEKANAN (BMD Laboratory 2019)

KALIBRASI TEKANAN

BMDLaboratory.COM Salah satu jenis kalibrasi yang dapat dilakukan oleh BMD Laboratory adalah kalibrasi tekanan atau juga disebut sebagai Pressure Calibration. Kalibrasi tekanan sendiri adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk memastikan bahwa adanya nilai zero, span, accuracy, atau linearity dari sebuah alat ukur tekanan haruslah sesuai dengan nilai tekanan yang sebenarnya atau sesuai dengan standar yang ada.

Kalibrasi tekanan merupakan alat yang digunakan untuk mengkalibrasi berbagai macam alat ukur tekanan. Alat ini berfungsi untuk mengetahui ketelitian pada alat yang sudah ada seperti kesalahan pembacaan dan fungsi dari alat tersebut. Accuracy ditentukan dengan cara membandingkan bacaan pressure instrument dengan test gauge standard/pressure gauge standar yang telah terkalibrasi untuk beberapa titik ukur yang dapat ditentukan di titik minimal kapasitas,setengah kapasitas dan maximal kapasitas serta beberapa titik ukur yang sering dipakai atau digunakan oleh pengguna.

Linearity ditentukan dengan memberikan increasing dan decreasing pressure dan melihat respon dari pressure instrument tersebut apakah membentuk persamaan linear atau persamaan lengkung / polynomial. Jika tidak linear maka harus dilakukan adjustment. Zero adalah nilai pressure pada kondisi tanpa tekanan (1 atmosfer). Span adalah selisih nilai maximum sampai dengan nilai minimum. Sedangkan range adalah nilai minimum sampai maksimum.

Cara untuk mengetahui nilai ketidakpastian dari alat ukur yang digunakan adalah dengan melakukan kalibrasi. Kalibrasi pada dasarnya adalah suatu kegiatan untuk mencari hubungan antara nilai yang ditunjukkan oleh alat ukur dengan nilai. Nilai yang sudah diketahui yang berkaitan dengan besaran yang diukur dalam kondisi tertentu”.

Kalibrasi sebagai suatu kegiatan untuk menentukan kebenaran konvensional nilai penunjukan alat ukur dan bahan ukur dengan cara membandingkan terhadap standar yang tertelusur kalibrasi merupakan proses verifikasi bahwa suatu akurasi alat ukur sesuai dengan ransangannya kalibrasi biasa dilakukan dengan membandingkan suatu standar yang terhubung dengan standar nasional maupun internasional dan bahan acuan tersertifikasi seringkali hasil pengukuran yang diberikan oleh beberapa alat sejenis tidak selalu menunjukkan hasil yang sama,meskipun alat tersebut mempunyai tipe yang sama.

Perbedaan ini diperbesar lagi dengan adanya pengaruh lingkungan,operator serta metode pengukuran. Padahal dalam menghasilkan hasil pengukuran tersebut sangat diharapkan bahwa setiap alat ukur yang digunakan dimanapun memberikan hasil ukur yang sama dalam kaitannya dengan keperluan keamanan,kesehatan,transaksi dan keselamatan. Agar setiap alat dapat memberikan hasil ukur dengan keabsahan yang sama,alat ukur tersebut perlu mempunyai ketelusuran kepada standar nasional atau standar internasional.

 

Silahkan kirim email ke: [email protected] atau hubungi tim kami di no.tlp: 021-29432095 untuk mendapatkan penawaran terbaik/konsultasi sekitar Jasa Kalibrasi Tekanan yang kami sediakan.

Sumber:

 

Tags: BMD Laboratory

Kalibrasi Tekanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan! Klik disini

Kami siap membantu anda sekarang, silahkan berdiskusi via WA Chat dengan Tim Specialist kami yang available online saat ini. Jika tim sedang sibuk dijaringan masing-masing kirim email ke: [email protected] untuk bantuan cepat melalui Help desk..

Dept. Marketing

Alfiyah Muntazah

Online

Marketing

Ikhfa Agus Riyanti

Online

Marketing

Sulastri - Branch Yogya

Online

Customer Support

Vriska

Online

Dept. Marketing

Siti Rofikoh

Online

Alfiyah Muntazah Dept. Marketing

Saya siap membantu anda sekarang, mari kita berdiskusi.. 00.00

Ikhfa Agus RiyantiMarketing

Yth. Bapak/Ibu, dengan senang hati saya siap membantu 00.00

Sulastri - Branch YogyaMarketing

Monggo.. Wonten ingkang saged kulo rencangi? 00.00

Vriska

Saya siap membantu anda sekarang, mari kita berdiskusi.. 00.00

Siti RofikohDept. Marketing

Saya siap membantu anda sekarang, mari kita berdiskusi.. 00.00