Mengenal Thermometer

Pendahuluan.

Temperature adalah ukuran panas-dinginnya dari suatu benda. Panas – dinginnya suatu benda berkaitan dengan energi termis yang terkandung dalam benda tersebut. Makin besar energi termisnya, makin besar pula temperaturnya. Temperatur disebut juga suhu, suhu menunjukan derajat panas suatu benda dengan kata lain, semakin tinggi suhu benda tersebut maka semakin panas benda tersebut. Secara mikroskopis, suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Setiap atom dalam suatu benda masing-masing  bergerak, baik itu dalam bentuk perpindahan maupun gerakan ditempat berupa getaran. Makin tingginya energi atom-atom penyusun benda, makin tinggi suhu benda tersebut.

Menurut Ir. Sarsinta Temparatur adalah suatu ukuran dingin atau panasnya keadaan atau sesuatu lainnya. Satuan ukur dan temperatur yang banyak digunakan diindonesia adalah ºC (derajat celcius) sementara satuan ukur yang banyak digunakan diluar negri adalah ºF (derajat fahrenheit). Menurut Nurdin Riyanto temperatur merupakan suatu ukuran energi kinetik rata-rata dari suatu molekul. Jika temperatur tinggi maka energi kinetik pun akan menjadi besar.

Temperature adalah ukuran yang menyatakan panas dinginnya sesuatu bisa dalam bentuk padat, cair, ataupun gas. Biasanyan dinyatakan dalam satuan derajat. Semakin panas suatu benda maka nilai derajatnya akan semakin tinggi, sebaliknya semakin dingin suatu benda maka nilai derajatnya akan semakin rendah. Contohnya: titik itu berada pada suhu 100 ºC dan titik beku itu berada pada suhu 0 ºC. Dalam dunia internasional ada beberapa jenis satuan derajat diantaranya K= Kelvin, F= Fahrenheit, C= Celcius, R= Reamur dan Ra= Rankine. Yang merupakan satuan derajat suhu yang umum digunakan diindonesia. Thermometer biasanya terbuat dari pipa sempit tertutup yang terbuat dari kaca. Pipa ini biasanya berisi zat cair yang sifatnya termometrik yaitu zat yang akan berubah secara fisis bila dipanaskan atau didinginkan sehingga dapat dijadikan penunjuk bila terjadi keaikan atau penurunan suhu, zat cair yang biasa digunakan yaitu Air raksa atau Alkohol. Ada beberapa macam jenis thermometer. Diantaranya yang banyak sering ditemui yaitu Thermometer Gelas yang dapat dibaca secara manual, Temperature Gauge dan Thermometer Digital dimana nilai suhu yang diukur akan tampil dilayar secara presisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *