Teknik Kalibrasi Voltmeter

Teknik Kalibrasi Voltmeter – Voltmeter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur potensial listrik perbedaan antara dua titik dalam rangkaian listrik. Voltmeter cara penggunaanya sama dengan multitester, yang di dalam multitester juga terdapat amperemeter yang digunakan untuk mengghitung arus, penggunaan multitester baik sebagai voltmeter ataupun amperemeter terlalu sering membuat multitester tidak dalam keadaan normal, sehingga sebelum penggunaan alat tersebut harus dikalibrasi terlebih dahulu. Masing-masing memiliki cara yang berbeda-beda begitupun dengan cara penggunaan alat-alat ukur voltmeter, sehingga banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan voltmeter. Setelah seseorang bisa menggunaakan alat voltmeter, dituntuk untuk bisa mengetahui bagaimana cara membaca dan menetukan hasil pengukuran dengan meggunakan voltmeter.

Voltmeter adalah alat pengukur beda potensial atau dalam istilah tegangn antara dua titik. Untuk mengukur beda poensial antara dua titik pada suatu komponen, kedua terminal voltmeter harus di hubungkan dengan ke dua buah titik yang teganggnya akan di ukur sehingga terhubung secara paralel  dengan komponennya.

Macanm macam Voltmeter yaitu :

  1. Voltmeter analog
  2. Voltmeter digital

Kedua jenis voltmeter tersebut mempunyai fungsi yang sama, yang membedakan adalah tampilannya, jika voltmeter analog menggunakan jarum penunjuk sedangkan voltmeter digital menggunakan LCD (Liquid Crystal Display).

PERINSIP KERJA VOLTMETER

Untuk mengukur tegangan harus menggunakan voltmeter yang dipasang paralel terhadap komponen yang diukur beda potensialnya. Pada rangkaian arus searah penerapan kutub-kutub voltmeter harus sesuai. Kutub positif dengan potensial tinggi dan kutub negatif dengan putensial rendah. Biasanya ditandai dengan warna kabel yang berbeda seperti hitam, merah. Bila pemasngannya terbalik maka arahnya ke kiri dan terlihat penyimpangannya sedangkan pada rangkaian arus bolak-balik tidak ada masalah. Pemasangan ampermeter pada rangkain harus secara seri berbeda halnya dengan pemasangan voltmeter harus dipasang paralel. jika pemasangannya tertukar maka alat tersebut akan rusak. Pada saat ingin mengetahui besar beda potensial atau gaya gerak listrik atau tegangan suatu rangkaian, voltmeter dipsang secara paralel dengan beban. Unatuk penjelasan lebih detainya, perhatikan cara pemasangan voltmeter pada rangkaian dengan menggunakan alat KIT listrik yang terdiri dari panel rangkaian, lampu, batu baterai dan soket penghubung. Untuk mengukur tegangan, jika nilainya tidak diketahui, pilihlah nilai yang paling tinggi pada saklar putar. Hal seperti itu akan mencegah rusaknya meter tersebut. Hubungkan Voltmeter positif (+) (merah) pada batterei positif (+) dan negatif (-) (hitam) pada negatif (-) batterei. Tempatkan skala yang sesuai.

 

*dikutip dari berbaga sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan! Klik disini

Kami siap membantu anda sekarang, silahkan berdiskusi via WA Chat dengan Tim Specialist kami yang available online saat ini. Jika tim sedang sibuk dijaringan masing-masing kirim email ke: [email protected] untuk bantuan cepat melalui Help desk..

Dept. Marketing

Alfiyah Muntazah

Online

Marketing

Ikhfa Agus Riyanti

Online

Marketing

Sulastri - Branch Yogya

Online

Customer Support

Ikhfa Agus Riyanti

Online

Dept. Marketing

Siti Rofikoh

Online

Alfiyah Muntazah Dept. Marketing

Saya siap membantu anda sekarang, mari kita berdiskusi.. 00.00

Ikhfa Agus RiyantiMarketing

Yth. Bapak/Ibu, dengan senang hati saya siap membantu 00.00

Sulastri - Branch YogyaMarketing

Monggo.. Wonten ingkang saged kulo rencangi? 00.00

Ikhfa Agus Riyanti

Saya siap membantu anda sekarang, mari kita berdiskusi.. 00.00

Siti RofikohDept. Marketing

Saya siap membantu anda sekarang, mari kita berdiskusi.. 00.00