Bagian Bagian dari Micrometer – Pada kesempatan ini saya akan menerangkan bagian bagian dari alat ulur mikrometer, nah Sebelum mengukur sebuah alat dengan menggunakan mikrometer alangkah baiknya kita mengetahui dan memahami bagian-bagian dari mikrometer hal tersebut mempermudah saat menggunakan mikrometer.

 

 

Ada pun bagian bagian dari micrometer sebagai berikut:

  • Anvil (Poros Tetap) –  Anvil adalah salah satubagian dari micrometer skrup yang fungsinya untuk menahan benda yang sedang di ukur, dalam artian benda tersebut di tempelkan diantara anvil dan di tahan agar tidak bergerak saat prosess pengukuran.
  • Spindel (Poros Gerak) – Poros Gerak adalah sebuah selinder yang bisa di gerakan menuju anvil, yang fungsinya untuk menekan suatu benda pada saat pengukuran sebuah alat.
  • Pengunci (Lock) – Sudah pasti kita tau dari namanya alat ini fungsinya untuk mengunci benda saat sedang di ukur agar supaya tidak bergerak.
  • Sleeve – Bagian dari alat ukur micrometer sebagai tempat letaknya dari skala utama. Untuk satuan yang di gunakan yaitu milimeter.
  • Thimbel – Thimbel merupakan tempat skala nonius atau skala putar pada sebuah alat ukur mikrometer,  yang fungsinya untuk mengetahui  seberapa besar alat ukur itu pada saat di ukur.
  • Ratchet Knob – Ratchet Knob ini digunakan pada saat poros gerak atau spindel telah mendekati dengan benda ukur yang akan di ukur, dan mengencangkan sebuah poros gerak atau spindel hingga terdengar bunyi, memastikan ujung spindel telah menempel dengan sempurna pada saat pengukuran.
  •  Frame – Frame ini bagian dari micrometer yang berbentuk hurup “C” biasanya frame tersebut terbuat dari logam yang tahan terhadap panas dan desainya khusus dengan tujuan mengurangi  terjadinya peregangan pada alat ketika prosess pengukuran.

 

*dikutip dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *