Memahami Alat Ukur Autoclave

Autoklaf  merupakan alat pemanas tertutup yang digunakan untuk mensterilisasikan suatu benda yang menggunakan uap bersuhu dan bertekanan tinggi (1210C, 15 lbs) selama kurang lebih 10 atau 15 menit.  Nah suhu yang tinggi seperti inilah yang akan membunuh microorganisme tersebut. Di buatnya alat Autoklaf ditujukan untuk membunuh endospora, Endospora  merupakan sebuah fasa yang dilakukan oleh beberapa bakteri, seperti Clostridium dan Bacillus memproduksi bentuk pertahanan hidup pada kondisi yang tidak menguntungkan. Proses ini dikenal sebagai sporulasi. Spora bakteri berbeda dengan spora pada jamur. Ada beberapa  jenis autoclave yang yaitu:

  1. Gravity displceuum, Untuk autoclav Gravity displceuum ini merupakan standar dan paling umum dari mesin autoclave. Jenis autoclave yang dapat bekerja pada cakupan suhu antara 121-134 °C dan waktu 10-30 menit ini, melakukan pemindahan udara dalam ruang autoclave didasarkan pada gravitasi. Prinsip dasarnya, jenis autoclave ini adalah memanfaatkan perbedaan massa jenis antara uap dibandingkan dengan udara.

 

  1. Prevacum atau high vacuumAutoclave jenis yang ini dilengkapi dengan sebuah pompa yang berfungsi untuk mengevakuasi sebagian besar udara dari dalam autoclave. Proses pengeluaran udara yang dimaksudkan untuk menciptakan keadaan vakum ini berlangsung selama 8-10 menit. Setelah kondisi vakum didapatkan, maka uap mulai diinfiltrasi ke dalam autoclave.

 

  1. Steam- flush pressure pulse. Pada prinsipnya, jenis autoclave semacam ini  menggunakan uap dan dorongan tekanan di atas tekanan atmosfer dengan rangkaian yang berulang. Waktu yang dibutuhkan dalam proses sterilisasi dengan autoclave ini bergantung pada jenis benda yang akan disterilkan. Perbedaan ketiga jenis autoklaf ini terletak pada

bagaimana udara dihilangkan dari dalam autoklaf selama proses sterilisas.

 

 

 

*dikutip dari berbagai sumber

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *