Di dalam dunia otomotif Salah satu alat ukur yang sering digunakan ialah dial indikator atau bisa disebut juga dial test indikator. Dial test indikator merupakan alat ukur yang memiliki tingkat ketelitian yang sangat kecil yaitu sebesar 0,01 mm. Dial test indikator selalu digunakan oleh alat penopang sebuah stand yang memiliki magnet. Magnetic stand ini yang berfungsi sebagai pemegang saat dial indikator digunakan untuk mengukur komponen. Dial indikator berfungsi untuk mengukur run out atau keolengan poros, kebengkokan poros, kerataan, end play dan back lash.Seperti yang kita lihat alat ukur dial indikator bisa dikatakan mudah, akan tetapi masih banyak orang yang tidak atau belum dapat memahani dan menggunakan alat tersebut. Berikut adalah cara penggunaannya.

  • Tempatkan dial indikator atau dial test indikator ke tempat yang rata dan terbuat dari bahan logam, lalu aktifkan magnetic switchnya agar stand dapat menempel dengan erat.
  • Setting posisi alat dial indikator agar spindle dapat menyentuh objek yang akan diukur secara tegak lurus.
  • Lalau Tempelkan spindle pada objek hingga spindle tertekan sedikit, kemudian set “0” dial indikatornya dengan memutar outer ringnya sehingga jarum menunjuk ke angka “0”.
  • Langkah berikutnya, kunci outer ringnya dengan sekrup pengikat, hal ini di lakukan agar outer ring tidak bergeser atau berputar.
  • Perlahan lahan Gerakkan benda kerja hingga sesuai apa yang hendak diukur.
  • Sambil diputar, baca penyimpangan terbesar pada jarum penunjuknya.

Pembacaan skala dial indikator

Pada alat ukur dial indikator atau dial test indikator ini mempunyai 2 skala, yaitu skala dengan jarum besar dan skala dengan jarum kecil. Untuk skala dengan jarum besar memiliki tingkat ketelitian untuk 1 strip nya senilai 0,01 mm. Dan pada skala dengan jarum besar memiliki 100 strip jika berputar 1 putaran, sehingga jika jarum panjang berputar 1 putaran nilainya 1,00 mm. Untuk skala dengan jarum pendek, setiap 1 strip nilainya 1,00 mm, sehingga jika jarum panjang berputar 1 putaran maka jarum pendek bergerak 1 strip.

 

*dikutip dari berbagai sumber

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *