Pengenalan Dan Penggunaan Torque Wrench

Pengenalan Dan Penggunaan Torque Wrench

Torque Wrench merupakan salah satu jenis kunci SST yang bisa kalian temui di bengkel – bengkel otomotif khususnya di bengkel mobil. Torque Wrench atau kunci momen sering disebut juga dengan nama kunci torsi.

Fungsi dari kunci momen ini adalah untuk mengukur kekenc

angan baut atau mur sesuai dengan spesifikasi kekencangan yang telah ditentukan berdasarkan mutu atau kualitas mur dan baut, sehingga baut atau mur yang dikencangkan tadi tidak akan kendor, tidak menyebabkan ulir menjadi dol maupun baut menjadi patah.

Pada kunci momen sisi ujungnya dapat dipasang kunci soket menyesuaikan dengan ukuran mur maupun baut yang bakal dieratkan. sementara itu pada ujung yang lain (berdekatan dengan handle kunci momen) terdapat jarum penunjuk & angka-angka yang menunjukkan nilai kekuatan kencang dari mur maupun baut yang dieratkan. Jarum bakal bergerak menyesuaikan dengan kekuatan kencang yang diberikan.

Pengaplikasian kunci momen ini biasanya ada di tahap akhir dari proses mengencangkan baut setelah sebelumnya dikencangkan dengan menggunakan kunci pass maupun kunci ring dengan menggunakan tangan biasa. Khusus pengencangan pada bagian komponen yang terbuat dari lempeng baja cor seperti blok mesin atau head cylinder sangat diperlukan untuk pengencangan secara bertahap dan tidak langsung atau full. Hal ini guna untuk menghindari efek puntir yang bisa menyebabkan komponen – komponen alat tersebut tidak pecah, patah atau retak.

Cara penggunaan Torsi WrenchCara menggunakan kunci momen ini bisa dibilang sangat mudah, yang pertama dilakukan adalah mengatur setelan kekencangan pada kunci momen berdasarkan spesifikasi mutu dan baut. Selanjutnya lakukan pemasangan kunci shock dan extensionnya di bagian ujung momen dan lakukan pengencangan hingga terdengar bunyi klik.

Pada setiap kunci torsi atau kunci momen ini memiliki penyetelan batasan maksimal dan minimal torsi yang bisa dikencangkan dan diukur dengan menggunakan kunci torque wrench. Agar nantinya kunci ini awet sebaiknya gunakan kunci momen tersebut dibawah nilai maksimum yang bisa diukur dengan menggunakan kunci torsi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan! Klik disini

Kami siap membantu anda sekarang, silahkan berdiskusi via WA Chat dengan Tim Specialist kami yang available online saat ini. Jika tim sedang sibuk dijaringan masing-masing kirim email ke: [email protected] untuk bantuan cepat melalui Help desk..

Dept. Marketing

Alfiyah Muntazah

Online

Marketing

Ikhfa Agus Riyanti

Online

Marketing

Sulastri - Branch Yogya

Online

Customer Support

Ikhfa Agus Riyanti

Online

Dept. Marketing

Siti Rofikoh

Online

Alfiyah Muntazah Dept. Marketing

Saya siap membantu anda sekarang, mari kita berdiskusi.. 00.00

Ikhfa Agus RiyantiMarketing

Yth. Bapak/Ibu, dengan senang hati saya siap membantu 00.00

Sulastri - Branch YogyaMarketing

Monggo.. Wonten ingkang saged kulo rencangi? 00.00

Ikhfa Agus Riyanti

Saya siap membantu anda sekarang, mari kita berdiskusi.. 00.00

Siti RofikohDept. Marketing

Saya siap membantu anda sekarang, mari kita berdiskusi.. 00.00